Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Edukasi Adab Bersosial Media pada kelas IV Sekolah Dasar

Lia Nur Anggraini, Fitriyani Fitriyani, Firanty Hafidzah Alqirany, Dila Yumerda, Ani Nur Aeni

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu ; (1) Mengetahui desain produk video animasi sebagai media edukasi adab bersosial media pada kelas IV; (2) Mengetahui gambaran produk video animasi sebagai media edukasi adab bersosial media pada kelas IV; (3) Mengetahui respon ahli terhadap desain video animasi sebagai media edukasi adab bersosial media pada kelas IV.  Metode penelitian ini menggunakan model Design and Development (D&D). Populasi penelitian ini yaitu kelas IV SDN Sukakerta yang terdiri dari 24 siswa dan seorang wali kelas IV. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket siswa dan angket guru. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga aspek yang diteliti yaitu aspek desain, aspek materi, dan aspek akses (1) Dalam aspek desain produk video animasi yang dibuat menurut siswa termasuk kategori baik dengan persentase sebesar 74,58% dan menurut guru termasuk kategori sangat baik dengan persentase sebesar 82,5%; (2) Dalam video animasi aspek materi menurut siswa termasuk kategori sangat baik dengan persentase sebesar 75,84% dan guru termasuk kategori baik dengan persentase sebesar 65%, sedangkan aspek akses menurut siswa termasuk kategori baik dengan persentase sebesar 83,95% dan guru termasuk kategori sangat baik dengan persentase sebesar 75%. Sehingga, hasil penelitian menggunakan angket siswa menghasilkan kategori sangat baik dan angket guru menghasilkan kategori baik. Jadi, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan video animasi dapat digunakan sebagai media edukasi dalam mengenalkan adab bersosial media pada siswa kelas IV.


Keywords


Video animasi, media edukasi, adab bersosial media

Full Text:

PDF

References


Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2 (1), 117-129. doi: https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28.

Akram, W & Kumar, E. (2017). A Study on Positive and Negative Effect of Social Media on Society. International Journal of Computer Sciences and Engineering, 5(1), 351-354. doi: http://dx.doi.org/10.26438/ijcse/v5i10.351354.

Aminah, S. (2019). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kosakata Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Digital Information World, (2018). Essential insightscinto internet, social media, mobile and ecommerce use around the world. [Online]. Diakses melalui: https://www.digitalinformationworld.com/2018/07/global-internet-stats-infographic.html?m=1.

Efendi, N. M. (2018). Revolusi pembelajaran berbasis digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start UP Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi dan Antropologi, 2(2), 173-182.

Elhoshi, E. R. F., Embong, R., Bioumy, N., Abdullah, N, A., Naqi, M, A, A, (2017). The Role of Teachers in Infusing Islamic Values and Ethics. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7 (5), 426-436. doi: http://dx.doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i5/2980 .

Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi@Elektro Vol. 5, No. 1, Maret 2009, hlm. 1 -10.

Kurnia, A., & Kaloeti, D. V. S. (2019). Penerapan Adab Penggunaan Media Sosial Siswa Sekolah Dasar: Komparasi Sekolah Islam dan Sekolah Umum. JPIB : Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, 2 (2), 99 - 110. doi : 10.15575/jpib.v2i2.5051.

Lestari, N.D., Hermawan, R. & Heryanto, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon untuk Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 33-44. doi: https:doi.org/10.17509/jpgsd.v3i3. 20748.

Mashuri, D.K & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 1-11. Retrieved from

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35876.

Merchant, G. (2015). Moving with the Times: How Mobile Digital Literacies are Changing Childhood . Landscape of Spesific Literacies in Contemopary Society: Exploring a Social Model of Literacy. London: Routlage.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudarma S., Jarot S., & Shenia A. (2012). Buku pintar Microsoft office 2007 & 2010.

Jakarta: Mediakita.

Wulansari, E.W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 12 (1), 1-7. doi: 10.19184/jpe.v12i1.6463.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.