Pengembangan Media E-Book BUDIPOLIS (Buku Digital Politik Islam) Untuk Menanamkan Jiwa Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin pada Siswa Kelas VI SD

Ovi Taufiqu Rohmah, Rita Gustiyani, Lala Shofhatun Nida, Salma Difa Azzahra, Ani Nur Aeni

Abstract


Pendidikan politik sangat penting bagi generasi muda dizaman era digital ini, menanamkan jiwa kepemimpinan pada    peserta didik merupakan bagian dari salah satu pendidikan politik. Kepemimpinan yang baik tentunya kepemimpinan berdasarkan ajaran agama islam. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan pembelajaran dengan menggunakan produk digital yang telah kami rancang dan dapat menanamkan jiwa kepemimpinan Khulafaur Rasyidin pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan Model D&D (Design and Development) dan metode kualitatif dengan pendekatan desktriptif. Untuk pengumpulan data hasil uji coba ini diunggah melalui link Google Form dengan partisipan berjumlah 21 orang siswa kelas VI SD dan 7 orang guru dari beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa produk pembelajaran digital e-book ini sangat efektif digunakan dalam pembelajaran dan dapat memepengaruhi kemampuan belajar peserta didik karena terdapat perbedaan dari segi penampilan. Dari penelitian ini diperoleh hasil: 1) Kecocokan produk e-book dengan siswa kelas VI SD, 2) Kejelasan isi dan uraian materi Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin, 3) Produk pembelajaran digital E-Book mempengaruhi kemampuan belajar karena terdapat perbedaan dengan menggunakan buku biasa.


Keywords


Politik, Kepemimpinan, Khulafaur Rasyidin

Full Text:

PDF

References


Aeni, A. N. (2014). Pendidikan karakter untuk siswa sd dalam perspektif islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50-58.

Aeni, A. N. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Mahasiswa PGSD untuk Menanamkan Nilai Tanggungjawab pada Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 1, pp. 106-125).

Baharudin & Amiarsa. (2014). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jogjakarta : Ar-ruzz Media.

Ellis, T.J., & Levy, Y. (2008). A Guide for Novice Researchers: Design and Development Research Methods. USA: InSITE.

Kouzes M. James & Posner Z, Barry. 2004. Kridibilitas. (Terjemahan). Profesional Books. Jakarta.

Prasetyo, Tego, dan Desy Getri Sari Gogahu. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004-1015.

Shamir, A. S. dkk. (2009). Processes and Outcomes of Joint Activity with E-books for Promoting Kindergarteners’ Emergent Literacy. Educational Media International, 46(1), 81-96.

Solikin, A., dkk. (2017). Pemimpin yang Melayani dalam Membangun Bangsa yang Mandiri. Aterior Jurnal. 16(2). 90-103.

Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968-1977. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138

Vitrianingsih, Devi, dkk. 2021. Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Elastistias Dan Hukum Hooke Kelas XI Di SMA Negeri 1 Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 4(1), 1-7.

Yuningsih, Dewi, dkk. 2021. Pengembangan Media Interaktif Berbasis E-Book Melalui Pendekatan SAVI pada pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 231-239.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.