Pengembangan Video Animasi berbasis Zepetto Edukatif ODOT (One day One Thousand) untuk Menumbuhkan Kebiasaan Bersedakah Siswa SD Kelas 6

Alliyah Putri Supriatna, Lintang Pandu Kusuma, Putri Indah Sari, Ani Nur Aeni

Abstract


Sedekah adalah salah satu hal baik yang dianjurkan oleh Islam. Dengan anjuran untuk berzakat dalam Islam menjadikan kita sebagai manusia untuk berzakat. Disarankan dalam Islam juga terdapat hadits yang menguatkan bagi kita manusia untuk melaksanakan sedekah. Oleh karena itu, dalam penelitian ini kami mengangkat sedekah sebagai bahan yang akan kami teliti dan pelajari. Dengan ditemukannya fakta tentang kurangnya santri dalam berzakat, maka kami melakukan upaya untuk mengatasinya yaitu dengan cara ODOT (Satu Hari Seribu) atau seribu hari yang nantinya dapat digunakan untuk bersedekah kepada yang membutuhkan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sedekah kepada siswa sekolah dasar. Target peserta kami dalam penelitian ini adalah siswa kelas 6 SD karena di kelas 6 SD ditemukan materi yang sesuai dengan sedekah. Metode yang akan kami gunakan untuk melakukan penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara dan menyebarkan link angket kepada siswa kelas 6 SD. Kami berharap ini akan meningkatkan keinginan siswa untuk berdonasi dan memudahkan siswa untuk menabung untuk amal.


Keywords


Video Animasi, Sehari Seribu, Sedekah

Full Text:

PDF

References


Aeni, Ani Nur. Pendidikan Karakter Untuk Mahasiswa PGSD. Sumedang: UPi Press, 2014.

———. “Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam.” Mimbar Sekolah Dasar 1, no. 1 (2014): 50–58.

Baiturrahmah, Mulut. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Citra,” 2017.

Disabato, David J., Todd B. Kashdan, Jerome L. Short, dan Aaron Jarden. “What predicts positive life events that influence the course of depression? A longitudinal examination of gratitude and meaning in life.” Cognitive Therapy and Research 41, no. 3 (2017): 444–58.

Froh, Jeffrey J., Todd B. Kashdan, Charles Yurkewicz, Jinyan Fan, Jennifer Allen, dan Jessica Glowacki. “The benefits of passion and absorption in activities: Engaged living in adolescents and its role in psychological well-being.” The Journal of Positive Psychology 5, no. 4 (2010): 311–32.

Jannati, Zhila. “Keutamaan Bersedekah Sebagai Upaya Meningkatkan Kesehatan Mental.” Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan 5, no. 2 (2021): 77–87.

Julistia, Rini, dan Safuwan Safuwan. “Kebahagiaan ditinjau dari Perilaku Bersedekah: Suatu Kajian Psikologi Islam.” Jurnal Psikologi Terapan (JPT) 3, no. 1 (2021): 1–6.

Klingbeil, David A., Tyler L. Renshaw, Jessica B. Willenbrink, Rebecca A. Copek, Kai Tai Chan, Aaron Haddock, Jordan Yassine, dan Jesse Clifton. “Mindfulness-based interventions with youth: A comprehensive meta-analysis of group-design studies.” Journal of school psychology 63 (2017): 77–103.

Kumar, Amit, dan Nicholas Epley. “Undervaluing gratitude: Expressers misunderstand the consequences of showing appreciation.” Psychological science 29, no. 9 (2018): 1423–35.

McCullough, Michael E., Jo-Ann Tsang, dan Robert A. Emmons. “Gratitude in intermediate affective terrain: links of grateful moods to individual differences and daily emotional experience.” Journal of personality and social psychology 86, no. 2 (2004): 295.

Muhammad, Mahmuda Mulia. “SEDEKAH SEBAGAI METODE MEMBUMIKAN EKONOMI SYARIAH DI MASYARAKAT.” El-Iqthisady: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Hukum 3, no. 1 Juni (2021): 1–8.

Nofiaturrahmah, Fifi. “Penanaman Karakter Dermawan Melalui Sedekah.” Ziswaf: Jurnal Zakat Dan Wakaf 4, no. 2 (2018): 313–26.

Ramdhani, Alifa Nur, Komaruddin Shaleh, dan Hendi Suhendi. “Strategi Dakwah Lembaga Gerakan Ahli Sedekah dalam Penanaman Kesadaran Bersedekah di Bandung.” Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam 1, no. 1 (2021): 68–71.

Rusdi, Ahmad, Khanief Aryanto Wicaksono, Novan Ardiyantara, Tri Aprilianto Saputro, Azhari Peduk, dan Khoryan Ramadhani. “Sedekah Sebagai Prediktor Kebahagiaan.” Jurnal Psikologi Islam 5, no. 1 (2018): 59—68-59—68.

Sari, Aulia Candra, dan Triani Yulianawati. “Sedekah Sebagai Media Pendidikan Karakter untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini.” Jurnal Thufula 5, no. 1 (2017).

Taher, Andi M. Fadly, Suprijati Sarib, dan Rosdalina Bukido. “Sistem Pengelolaan Dana Kotak Infak Dan Sedekah Keliling Masjid Di Pasar 45 Manado.” Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah 14, no. 2 (2017).

Tiliouine, Habib. “Islamic education and youth well-being in Muslim countries, with a specific reference to Algeria.” Handbook of child well-being: Theory, indicators, measures and policies 2 (2014): 1209–26.

Wijayanti, Santri, Rina Rahmatika, dan Ratih Arruum Listiyandini. “Kontribusi kebersyukuran dalam peningkatan kualitas hidup kesehatan pada remaja di panti asuhan.” Psycho Idea 18, no. 1 (2020): 33–44.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.