Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW

Ani Nur Aeni, Juni Artha Juneli, Erlinda Indriani, Indri Nur Septiyanti, Resta Restina

Abstract


Perkembangan teknologi digital memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi. Dampak dari perkembangan era digital ialah munculnya berbagai teknologi yang dapat mempermudah pekerjaan dan merubah pola kehidupan manusia. Berbagai perubahan yang terjadi pada saat ini diantaranya perubahan perilaku pada diri siswa. Namun, perubahan perilaku yang terjadi cenderung mengarah kepada hal-hal yang negatif. Hal tersebut berpengaruh terhadap tingkat pemahaman terhadap ilmu agama yang dimiliki siswa. Penggunaan e-book sering digunakan untuk memperoleh informasi berupa teks, gambar, maupun bentuk multimedia lainnya yang dapat diakses melalui smartphone, laptop dan atau komputer. Pembelajaran mengenai kisah Nabi Muhammad SAW yang dituangkan dalam bentuk e-book Kijubi menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman siswa SD  keteladanan yang dimiliki Nabi Muhammad SAW. Keteladanan yang dapat diambil dari kisah Nabi Muhammad SAW diantaranya sifat terpuji yang dimiliki, kehidupan Nabi dari saat kecil hingga dewasa, serta kecerdasan yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan demikian peneliti tertarik untuk menganalisis secara mendalam mengenai tingkat pemahaman siswa SD terhadap kisah Nabi Muhammad SAW yang dituangkan dalam bentuk e-book Kijubi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan model (D&D) Design and Development. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa studi wawancara dan studi dokumentasi yaitu peneliti melakukan wawancara terhadap guru kelas untuk mendapatkan informasi terkait permasalahan yang terjadi dan studi dokumentasi dilakukan sebagai data pelengkap sehingga informasi penelitian yang didapatkan lebih rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap keteladanan Nabi Muhammad SAW setelah membaca e-book Kijubi ialah dari 20 siswa, terdapat 5 orang yang mendapatkan nilai 100, 5 orang mendapatkan nilai 90 dan 80, 1 siswa mendapatkan nilai 70, 60, dan 30, dan 2 siswa mendapatkan nilai 50. Berdasarkan hasil analisis tersebut e-book Kijubi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap kisah Nabi Muhammad SAW.


Keywords


Pemahaman, E-book Kijubi, Kisah Nabi Muhammad SAW

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.

Hamid, Darmadi. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta, 2014.

Hasan, Qodri Ali. “Pengembangan Pembelajaran Operasi Pembagian dengan Menekankan Aspek Pemahaman.” Jurnal Pendidikan 18, no. 2 (2017): 106–14.

Ihsan, Azis Maulana. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CULTURE VIEW VIRTUAL REALITY UNTUK MATA PELAJARAN IPS PADA POKOK BAHASAN KERAGAMAN ETNIK DAN BUDAYA: Studi Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Metode Design and Development.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2017.

M ADITYA, RIZALDI. “PENERAPAN METODE AL-BARQY DALAM MENINGKATAN KELANCARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ HASANUDDIN KUPANG TEBA BANDAR LAMPUNG.” UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2022.

Mustofa, Ali. “Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam.” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman 5, no. 1 (2019): 23–42.

Salmaa. “Pengertian Ebook: Fungsi, Tujuan, Format, dan Cara Membuat Ebook.” Penerbit Deepublish (blog), 21 Juni 2021. https://penerbitdeepublish.com/pengertian-ebook/.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

                

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: redaksi.almadrasah@gmail.com