Integrasi Pendidikan Akhlak dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Salamah Kota Jambi
Abstract
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, walaupun mengalami perubahan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana integrasi pendidikan akhlak dalam pembelajaran sejarah budaya Islam pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Salamah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan model integrasi sejarah budaya Islam dengan pendidikan akhlak dalam pembelajaran Sejarah Budaya Islam. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang digaris bawahi dalam melaksanakan pendidikan akhlak dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Temuan terkait fenomena tersebut yaitu: 1) Wali kelas IV MIS Salamah Kota Jambi yang diteliti telah menerapkan integrasi pendidikan akhlak dengan meneladani akhlak mulia Nabi dalam pembelajaran SKI; (2) Guru yang menerapkan integrasi SKI dengan Pendidikan Moral menyesuaikan dengan materi yang dipelajari; (3) Keuntungan mengintegrasikan pendidikan akhlak dalam sistem pembelajaran SKI dapat menanamkan kejujuran, membentuk kebiasaan yang baik, dan berakhlak mulia. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka sangat penting untuk mengintegrasikan konsep Sejarah Kebudayaan Islam dengan Pendidikan Akhlak sebagai cara pembentukan akhlak mulia bagi generasi bangsa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Taufik., dan A. (1985). Ilmu Sejarah dan Historiografi; Arah dan Perspektif. Grandmedia.
Abudin Nata. (2001). Persfektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru-Murid Studi Pemikiran Tasawuf Al Gazali. Raja Grafindo Perkasa.
Ahmad, M. Y. (2018). Penanaman nilai-nilai pendidikan akidah melalui mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (ski). Jurnal Al-Hikmah, 15(1).
Awaliyah, T., & Nurzaman, N. (2018). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Sa’id Hawwa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 23. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.152
Badri Yatim. (2007). Sejarah Peradaban Islam. PT. Raja Grafindo persada.
Ginanjar, M. H., & Kurniawati, N. (2017). PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN KORELASINYA DENGAN PENINGKATAN AKHLAK AL-KARIMAH PESERTA DIDIK. Edukasi Islami, 06(12), 104–105.
Hariyono. (1995). Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Pustaka Jaya.
Mulia, H. R. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Akidah Akhlak. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 118. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.3092
Solihin, R. (2020). Akidah dan Akhlak dalam Perspektif Pembelajaran PAI di Madrasah Ibtidaiyah. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(5). https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i5.92
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sy, S., Hairunnisa, H., & Rahmawati, L. (2014). Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Darussalam Martapura Kabupaten Banjar. Tashwir, 1(2), 81–94. https://doi.org/10.18592/jt.v1i2.164
Taqiyudin An-Nabhani. (2011). Peraturan Hidup dalam Islam. HTI Press.
Tinggi, S., & Islam, A. (n.d.). INTEGRASI ILMU-ILMU ISLAM. 1(1), 55–71.
Wahyudi, D., & Agustin, N. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Naturalistik Eksistensial Spiritual. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 37. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2605
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357
Zuhairini dkk. (2006). Sejarah Pendidikan Islam. Depag.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1116
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Khoirunisa Khoirunisa, Muqowim Muqowim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.