PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM KEMAMPUAN MEMPRAKTIKKAN BACAAN DAN GERAKAN SHALAT PADA PEMBELAJARAN FIQIH PADA MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ILMI BANJARBARU

Sari Kumala, Abdul Hafizh

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Penggunaan Media Audio Visual dalam Kemampuan Mempraktikkan Bacaan dan Gerakan Shalat pada Pembelajaran Fiqih. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V dengan jumlah siswa 27 orang. Metode yang di pakai adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, teknik tes, yang di analisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 23 peserta didik, dengan persentase: N = x 100 % = 67% . sedangkan peserta didik yang mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 9 Peserta didik dengan persentase N= x 100%= 33%. Jika dilihat pada item setiap aspek dapat disimpulkan bahwa peserta didik masih banyak yang hanya cukup menguasai dalam hal berzikir dan berdo’a sesudah shalat. Sedangkan yang mencapai tingkat menguasai dengan baik adalah pada aspek membaca surah Al Fatihah. Kesimpulannya bahwa Kemampuan Mempraktikkan Bacaan dan Gerakan Shalat dapat ditingkatkan dengan media audio visual.

Keywords


Media Audio Visual, Bacaan dan Gerakan Shalat

Full Text:

PDF

References


Afninti Loka Puspita, “Telaah Kurikulum Fiqh Madrasah Ibtidaiyah”, http//varossita.blogspot.com/2010/10/html, diakses pada 24 September 2018

AH sanaky, Hujair, Media Pembelajaran, Yogyakarta: Safiria Insania Press 2009

Ainurrahman, Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta,2012

Asnawir , M. basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta : Ciputat Pers,2002

Bakhrul Ulum, “Mata Pelajaran Fiqih”, http//blogeulum.blogspot.com/24/2/2013/html, diakses pada 24 September 2018

Chaeruddin, Media Membantu Mempertinggi Mutu Proses Belajar, Jakarta: Buletin Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2004

Fathurrohman, Pupuh, dan M.Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT. Refika Aditama, 2011

Hadi Miarso, Yusuf, Menyamai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana,2007

Hanafiah, nanang dan Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama,2009

Hasanah, Aan, Pengembangan Profesi Keguruan, Pustaka Setia: Bandung, 2012

Nasution, Teknologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara,2008

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran; Berorentasi setandar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008

Suyono dan Hariyanto,Belajar dan Pembelajaran.Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2011

Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008

W Gulo, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v0i0.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.