Peran Orang Tua sebagai Uswah Hasanah bagi Anak Selama Pembelajaran Daring

Santy Afriana, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Terdapat kesenjangan antara harapan dan kenyataan, realita saat ini terdapat orang tua yang memiliki kesibukan yang padat sehingga melupakan kewajiban nya sebagai uswah hasanah bagi anak saat di rumah. Terlebih saat pandemic covid-19 yang mengharuskan anak untuk belajar dari rumah. Hal ini tentu menambah tanggung jawab bagi semua orang tua dalam mendampingi dan mengawasi anak saat mengikuti pembelajaran daring. Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana pandangan Islam mengenai peran orang tua sebagai uswah hasanah saat pembelajaran daring. Kajian ini menggunakan metode studi kepustakaan yang bersifat deskriptif-analisis dengan metode content analysis (analisis isi). Hasil penelitian menunjukan bahwa peran utama orang tua selama pembelajaran daring yang tidak hanya mengawasi anak untuk mengerjakan tugas dan membimbing anak mengikuti pembelajaran melalui platform tertentu, melainkan lebih dari orang tua harus memberikan bekal mengenai pendidikan agama yang cukup seperti memberikan contoh (uswah hasanah) kepada anak dan membiasakan nya untuk salat berjamaah, sedekah dan kegiatan keagamaan lainnya sehingga saat masa pandemi berakhir anak dibekali oleh akhlak yang baik.


Keywords


Peran Orang Tua, Uswah Hasanah, Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, and Arda. “Peran Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah.” Musawa 12, no. 1 (2020): 140–64.

Baharun, Hasan. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga: Telaah Epistemologis.” Jurnal Pedidikan 3, no. 2 (2016): 96–107.

Hidayat, Rahmat. “Tanggung Jawab Dan Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Dalam Pandangan Islam.” Al Hikmah: Journal of Education 1, no. 2 (2020): 141–52. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/17.

Iftitah, Selfi Lailiyatul, and Mardiyana Faridhatul Anawaty. “Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19.” JCE (Journal of Childhood Education) 4, no. 2 (2020): 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256.

Ihsan, Ihsan, and A. Umar. “Kiai As Al-Qudwah Al-Khasanah: The Role of Kiai in Shaping Religious Culture in Islamic Education Institution.” Al-A’raf : Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat 17, no. 2 (2020): 329–46. https://doi.org/10.22515/ajpif.v17i2.2995.

Jannah, Nur, and Khairul Umam. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman 12, no. 1 (2021): 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460.

Lilawati, Agustin. “Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630.

Mahmudin, Heru, and Abdul Muhid. “Peran Orang Tua Mendidik Karakter Anak Dalam Islam.” Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam 11, no. 2 (2020): 449. https://doi.org/10.30739/darussalam.v11i2.624.

Mirzaqon, Abdi. “Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library.” Jurnal BK UNESA, no. 1 (2018): 1–8.

Prabowo, Sultan Hadi, Agus Fakhruddin, and Miftahur Rohman. “Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam” Pendidikan Islam 11, no. 2 (2020): 191–207.

Putro, Khamim Zarkasih, Muhammad Adly Amri, Nuraisah Wulandari, and Dedek Kurniawan. “Pola Interaksi Anak Dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran Di Rumah.” Fitrah: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2020): 124–40. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.12.

Rachman, Lutfi. “Peran Orang Tua Terhadap Anak Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2017): 1–12. https://doi.org/10.38073/jpi.v7i2.41.

ROKHIM, MOH. AINUR. “Peranan Media Gagdet Dalam Implementasi Kebijakan Pembelajaran Pai Di Masa Pandemi Covid-19.” Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam 19, no. 1 (2021): 087. https://doi.org/10.29062/arrisalah.v19i1.464.

Roshfan, M. Robith. “Konsepsi Uswatun Hasanah Dalam Pendidikan Karakter Siswa.” FAKTA : Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2021): 35–54. http://ejournal.idia.ac.id/index.php/fakta.

Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” Biodik 6, no. 2 (2020): 109–19. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Samsudin, Agus, Andewi Suhartini, and Nurwadjah Ahmad EQ. “Implementasi Metode Uswah Hasanah Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di MTs Al Azhar Tembongraja Salem Brebes.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 3 (2021): 337. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i3.5002.

Sari, Milya, and Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA 2, no. 1 (2018): 15. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta

Sharp, Eleanor A., Marie K. Norman, Carla L. Spagnoletti, and Benjamin G. Miller. “Optimizing Synchronous Online Teaching Sessions: A Guide to the ‘New Normal’ in Medical Education.” Academic Pediatrics 21, no. 1 (2021): 11–15. https://doi.org/10.1016/j.acap.2020.11.009.

Wahidah, Afifah Fatihakun Ni’mah, and Muhammad Alfatih Suryadilaga. “Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Hadits Di Masa Pandemi Coronavirus.” JECED : Journal of Early Childhood Education and Development 3, no. 1 (2021): 1–14. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.601.

Wulandari, Yeni, and Muhammad Kristiawan. “Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 2, no. 2 (2017): 290–303. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1477.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.