Penerapan Modelling Teori Albert Bandura pada Mata Pelajaran FIKIH Di MI Ummul Qura
Abstract
Abstrak
Albert Bandura dalam teorinya menjelaskan bahwa anak banyak belajar melalui mengamati. Teori Albert dalam pembelajaran digunakan guru untuk menunjukan praktik atau tata cara melakukan sesuatu dan anak memperhatikan. Maka dari itu penelitian bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan penerapan modelling teori Albert Bandura dalam pembelajaran Fikih materi “Tata Cara Berwudhu “ kelas IA Di MI Ummul Qura. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Fikih kelas I dan siswa kelas 1A yang berjumlah 25 orang. Adapun objek penelitiannya adalah penerapan teori modellling Albert Bandura dalam pembelajaran Fikih MI kelas 1 serta terbentuknya kemampuan siswa dalam mempraktikan tata cara berwudhu. Untuk memperoleh data dilapangan peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan modelling teori Albert Bandura dalam pembelajaran Fikih materi “Tata Cara Berwudhu“ dapat dilihat dari 3 tahapan, tahap pertama perencanaan, pada tahap ini guru membuat desain pembelajaran. Kedua tahap pelaksanaan melalui 4 proses yaitu, proses perhatian, pengingatan, produksi, dan motivasi. Proses perhatian, guru memberikan contoh langsung terkait tata cara berwudhu sedangkan siswa memperhatikan dengan seksama. Proses pengingatan, setelah siswa memperhatikan guru mempraktikan tata cara berwudhu kemudian dari hasil perhatian atau pengamatan itu siswa merekam dalam ingatan kognitifnya. Proses produksi, siswa dapat mempraktikan tata cara berwudhu yang benar. Proses motivasi siswa diberikan penguatan, seperti guru memberikan pujian, dan hadiah atas keberhasilan siswa. Ketiga tahap evaluasi dalam hal ini guru menggunakan tes tulis, lisan dan praktik dalam pembelajaran fikih.
Kata Kunci : mi ummul qura, modeling, penerapan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Norillah, Sharifah Sariah Syed Hassan, dan Mohammed Abdelmagid. “Learning from the Perspectives of Albert Bandura and Abdullah Nashih Ulwan: Implications Towards the 21st Century Education.” Dinamika Ilmu Vol. 20 No. 2 (2020).
Abruto, Maemonah, dan Nelsa Putri Ayu. “Pengaruh Metode Blended Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 5 (2021).
Adi, Habib Maulana Maslahul. “Teori Belajar Behaviorisme Albert Bandura dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 2020.
Anwar, Chairul. Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD, 2017.
Fahri, Faisal, M. Joharis Lubis, dan Darwin. “Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru pada Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Basicedu Vol. 6 No. 3 (2022).
Faidah, Silahul, Nafiah, Muslimin Ibrahim, dan Akwani. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Problem Posing.” Jurnal Basicedu Vol. 6 No. 3 (2022).
Hafiza, Nur Rafi’a, dan Satria Wiguna. Fikih Pada Madrasah dalam Pendekatan Teori dan Praktek Nur Rafi’a Hafiza, dan Stria Wiguna. STAI-JM Press, t.t.
Hurit, Roberta Uron, dan Majidatun Ahmala. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.
Jahja, Yudika. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana, 2011.
Malisa. Wawancara dengan guru kelas 1A untuk memperoleh data tentang penerapan modelling teori Albert Bandura dalam pembelajaran Fikih kelas IA di MI Ummul Qura, 25 Februari 2022.
Mubin, Muhamad Nurul, Bintang Muhamad Nur Ikhasan, dan Khamim Zarkasyi Putro. “Pendekatan Kognitif-Sosial Perspektif Albert Bandura Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Edureligi Vol. 5 No. 1 (2021).
Munawwarah, Hafizhatul dan Maemonah. “Pendidikan Karakter Anak Perspektif Aliran Filsafat Behavioristik.” Jurnal Golden Age Vol.5 No. 2 (Juni 2021).
Ni’matuzahroh. Aplikasi Psikologi di Sekolah. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang, 2019.
Ningsih, Yulita Fitriya, Gita Pratiwi, dan Wulandari Anisa. Fikih Ibadah. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.
Panji, Adam. Fikih Muamalah Kontemporer Perkembangan Akad-Akad dalam Hukum Ekonomi Syariah. Jakarta: Intellegensia Media, 2021.
Rahayu, Sri, Siti Nurjanah, dan Wiwik Indriani. “Application Of Albert Bandura Social Learning Theory In PAI Leraning At Al-Wafa Ciwidey SMP Bandung.” Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (November 2021).
Rahmat, Saeful Pupu. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Rustam. Psikologi Perembangan. Pontianak: Pustaka Rumah Aloy, 2016.
Setiawan, M. Andi. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2017.
Siswa kelas IA. Wawancara dengan siswa kelas 1A untuk memperoleh data tentang respon mereka terhadap pembelajaran Fikih materi “Tata Cara Berwudhu,” 1 Maret 2022.
Sulastri. “Penerapan Teori Kognitif Sosial Dalam Pembelajaran Di SD/MI (Analisis Pemikiran Albert Bandura).” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar Vol. 1 No.1 (2016).
Syifa, Ilham. “Perilaku Agresif Peserta Didik di SDIT Al Huda Ditinjau Berdasarkan Teori Belajar Bevahioristik Albert Bandura.” Tadrisuna Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman Vol. 1 No. 2 (2018).
Tullah, Rachmat dan Amirudin. “Penerpana Teori Sosial Albert Bandura dalam Proses Belajar.” Jurnal Pendidikan Islam Vol. 6 No. 1 (2020).
Yanuardianto, Elga. “Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis dalam Menjawab Problem Pembelajaran Di MI ).” Jurnal Auladuna Vol. 01 No. 2 (2019).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1130
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nurul Huda, Maemonah Maemonah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.