ANALISIS PERILAKU SCHOOL BULLYING DI SD MUHAMMADIYAH 17 SEMARANG

Trisca Camelia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui perilaku-perilaku school bullying pada siswa kelas III di SD Muhammadiyah 17 Semarang . Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan persentase. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket untuk kelas III serta mewawancarai kepala sekolah, guru dan orang tua siswa di SD Muhammadiyah 17 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian siswa kelas III SD Muhammadiyah 17 Semarang yang berjumlah 35 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 26 anak dan perempuan 9 anak menjadi pelaku dan korban dari bullying. Korban bullying fisik terbanyak yang dilakukan siswa laki-laki yaitu dipukul dengan persentase 100%, dan pada siswa perempuan yaitu didorong dengan persentas 88,9%. Korban bullying verbal terbanyak pada siswa laki-laki yaitu diejek dengan persentase 96,2% dan pada siswa perempuan yaitu dibentak dengan persentase 89,9%. Sedangkan pada bentuk bullying psikis pada siswa laki-laki yaitu diperlakukan gerak tubuh mengejek dengan persentase 80,2% dan pada siswa perempuan diteror dengan persentase 55,6%. Sedangkan pelaku terbanyak bullying fisik pada siswa laki-laki yaitu memukul dengan persentase 69,2% dan pada siswa perempuan juga memukul dengan persentase 22,2%. Pada bullying verbal terbanyak siswa laki-laki yaitu mengejek dengan persentase 73,1% dan pada siswa perempuan juga yaitu mengejek dengan persentase 33,3%. Sedangkan pada bullying psikis pada siswa laki-laki yaitu meneror dengan persentase 42,3% dan pada siswa perempuan yaitu melakukan gerak tubuh mengejek dengan persentase 22,2%. Dampak terbanyak yang dialami siswa perempuan yaitu merasa trauma ketika dipukul dan pada siswa laki-laki yaitu terluka ketika dibully.

Keywords


School Bullying

Full Text:

PDF

References


Antasari. 2006. Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta: KANISIUS.

Cendika, D. 2009. Cegah Bullying. Jakarta: PT Bumi Aksara Grup.

Chakrawati, F. 2015. Bullying Siapa Takut. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Hilmi, A. 2018, Mei 2. Tempo. Retrieved from Tempo.co: https://nasional.tempo.co/read/1084922/hari-pendidikan-kpai-84-persen-siswa-alami-kekerasan-di-sekolah/full&view=ok. Di unduh tanggal 29/10/2018 pukul 23:25 WIB

Hurlock, E. B. 1989. Perkembangan Anak. Penerbit Erlangga.

Ida Ayu Surya Dwipayanti, K. R. 2014. Hubungan Antar Tindakan Bullying Dengan Prestasi Belajar Anak Korban Bullying pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Udayana.

Ihsan, F. 2003. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Jess Feist, G. J. 2008. Theories Of Personality. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kluytmans, F. 2006. Perilaku Manusia (Pengantar Singkat tentang Psikologi). Bandung: PT Refika Aditama.

Moleong, L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalimun. 2014. Bimbingan Konseling di SD/MI suatu Pendekatan Proses. Yogyakarta: CV. ASWAJA PRESSINDO.

Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

S, M. .. 2017. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sufriani, E. P. 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di Sekolah Dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh . Idea Nursing Journal.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsu Yusuf, A. J. 2009. Landasan Bimbingan & Konseling. In A. J. Syamsu Yusuf, Landasan Bimbingan & Konseling (p. 3). Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Walgito, B. 2003. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI.

Wasono, H. T. 2018, Januari 29. Tempo. Retrieved from Tempo.co: https://nasional.tempo.co/read/1055133/siswa-sd-di-kediri-jadi-korban-bullying-alami-infeksi-otak/full&view=ok. Di unduh tanggal 29/01/2018 pukul 12:56 WIB

Wiyani, N. A. 2014. Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v0i0.114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.