Implementasi Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Usia Dasar : Analisis Jurnal Sinta 2 Sampai 5

Maulidyah Safruddin, Maemonah Maemonah, Maya Siti Sakdah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kecerdasan interpersonal di implementasikan pada anak usia  dasar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan atau library research, serta metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi, seperti pencarian data berupa artikel yang terindex  sinta 2 hingga sinta 5, sebanyak 10 artikel tentang implementasi kecerdasan interpersonal pada anak usia dasar. Instrumen yang digunakan penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisis isi menggunakan teknik analisis. Kesimpulan dari penelitian ini terkait dengan kecerdasan interpersonal dan kehidupan sosial. Manusia dikenal sebagai homo socius sebab manusia selalu membutuhkan interaksi kepada manusia lain, sama halnya dengan para anak sepanjang hidupnya. Setiap anak-anak memerlukan pertolongan dari orang lain baik dari keluarga atau sebayanya, meskipun anak pada usia dasar terus membutuhkan orang lain, meskipun tidak sedikit anak yang belum mampu menyesuaikan diri dan membentuk melakukan interaksi dengan orang lain. Terdapat tiga aspek dasar dari kecerdasan interpersonal yang meliputi Social SensitivitySocial Insight dan Social Communication yang bersama-sama membentuk satu kesatuan yang berkaitan dan saling melengkapi.


Keywords


Kecerdasaran Interpersonal, Kelompok Usia Dasar.

Full Text:

PDF

References


Agustini, A., Awang, I. S., & Parida, L. (2019). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Di Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2), 120–128. https://doi.org/10.31932/ve.v10i2.519

Awang, I. S., Parida, L., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2019). Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 10, 120–128.

Fadilah, R. (2019). Pendidikan Islam Dan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence). Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 9 (2), 61–79. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/6752/2985.

Istanty, D. (2014). Analisis kecerdasan interpersonal pada usia 5-6 tahun di TK darul khair pontianak. 1–8.

Muniroh, S. M. (2013). Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian, 6(1), 16.

Pramudyani, A. V. R. (2018). Penelitian Pendidikan Kimia. vi + 46 hlm.

Qowiyyah, S. H. (2020). Analisis Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 96–101. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.26239

Rozali, Y. A. (2015). Kecerdasan Interpersonal Remaja ditinjau dari Penerapan Pola Asuh Orang Tua. Seminar Psikologi & Kemanusiaan, 446–452.

Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15. https://e-journal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159

Siliwangi, I., & Siliwangi, I. (2018). MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL. 1(5), 1–6.

Sutarna, N. (2019). Penerapan Pedekatan Sosial untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2 (2), 61. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15102




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

                

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: redaksi.almadrasah@gmail.com