Pemanfaatan Podcast Animasi Dalam Meningkatkan Perilaku Mandiri, Percaya Diri, Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD

Elsa Febiyanti Utami, Nurramdiani Nurramdiani, Yasmin Azzahra Driandra, Ani Nur Aeni

Abstract


Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan cita-cita nasional. Pembelajaran dengan menggunakan media Podcast Animasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam mengembangkan media pembelajaran serta proses pembelajaran PAI di Sekolah Dasar, khususnya pada kelas III SD Negeri Padasuka 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji coba media Podcast Animasi dengan materi mengenai Perilaku Mandiri, Percaya Diri, dan Tanggung Jawab kepada siswa kelas III, serta mengkaji bagaimana respon siswa setelah menonton Podcast Animasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang menekankan kepada bagaimana proses pembelajaran dengan Podcast Animasi berlangsung. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran Podcast Animasi menarik perhatian siswa dalam belajar, membuat siswa lebih semangat dalam belajar, dan memudahkan siswa dalam memahami isi materi. Pembelajaran PAI berbasis Podcast Animasi ini secara keseluruhan mendapat respon yang positif dari siswa sebagai sebuah inovasi baru dalam pembelajaran PAI di era digital.


Keywords


Podcast Animasi, Perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab, PAI

Full Text:

PDF

References


Abi Hamid, Mustofa, Rahmi Ramadhani, Masrul Masrul, Juliana Juliana, Meilani Safitri, Muhammad Munsarif, Jamaludin Jamaludin, dan Janner Simarmata. Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2020.

Aeni, Ani Nur. Pendidikan Karakter Untuk Mahasiswa PGSD. UPi Press, 2014.

———. “RESPONS MAHASISWA TERHADAP KEGIATAN TUTORIAL PAI DAN PENGHAYATANNYA TERHADAP NILAI-NILAI AGAMA ISLAM: Studi Kasus di Universitas Pendidikan Indonesia.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2011.

Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Akhlak dan Budi Pekerti: Membangun Kembali Anak Bangsa. Vol. 1. Jakarta: Mimbar Pendidikan, 2001.

Azzet, Akhman Muhaimin. Urgensi pendidikan karakter di Indonesia: revitalisasi pendidikan karakter terhadap keberhasilan belajar dan kemajuan bangsa. Penerbit dan distributor, Ar-Ruzz Media, 2011.

Barnawi & Arifin, A. “Strategi & kebijakan pembelajaran pendidikan karakter.” Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Djahiri. “Strategi Pengajaran Afektif-Nilai-Moral Vct dan Games dalam Vct.” Jurusan PMPKN FPIPS IKIP Bandung, 1985.

Ellis, Timothy J., dan Yair Levy. “A guide for novice researchers: Design and development research methods.” Dalam Proceedings of Informing Science & IT Education Conference (InSITE), 10:107–17. Citeseer, 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.

Tafonao, Talizaro. “Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no. 2 (2018): 103–14.

Yudianto, Arif. “Penerapan video sebagai media pembelajaran,” 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

                

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: redaksi.almadrasah@gmail.com