Problematika Penerapan Pembelajaran Tahfidz Di MIN 07 Tabalong

Fadllurrohman Fadllurrohman, Arizqi Ihsan Pratama, Nor Azizah

Abstract


Cara melestarikan kemurnian dan kesucian Al Quran adalah dengan belajar Tahfidz Al Quran. Tahfidz Al Quran harus dimulai sejak usia kanak-kanak. Karena pada usia ini mereka lebih cepat ingat dan hafal, juga dalam hal mengamalkan dan memahaminya lebih mudah tertanam di hati mereka hingga dewasa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui problematika apa saja yang timbul dalam penerapan Tahfidz Al Quran di MIN 07 Tabalong. Metode penelitian kualitatif deskriptif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa problematika yang timbul pada penerapan kegiatan Tahfidz Al Quran di MIN 07 Tabalong yaitu masalah yang timbul dalam diri siswa itu sendiri seperti rasa malas, kurang fokus, faktor lingkungan, kurangnya motivasi, pembagian waktu, dan metode menghafal itu sendiri. Lalu ada juga problematika yang berasal dari luar diri siswa seperti seperti tenaga pengajar, fasilitas serta ketersedian waktu untuk muroja’ah.


Keywords


Tahfidz Al Quran, Problematika, MIN 07 Tabalong.

Full Text:

PDF

References


Amir, Syafruddin, Muhammad Rdiwan Fauzi, and Muhammad Isomudin. “Problematika Pembelajaran Tahfidz Di Pondok Pesantren.” Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan 31, no. 2 (2021).

Hajarman. “Implementasi Metode Sima’i Dan Takrir Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Muhammadiyah I Bandar Lampung.,” 2017.

Huda, Khoirul. “Problematika Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Pada Siswa Kelas V Di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Tahun Ajaran 2009-2010,” 2010.

Huda, M. Miftakhul, Majidatul Muyasaroh, Risna Zamzamy, and Affan Nur Habib. “Problematika Mahasiswi Program Tahfidz Al Qur’an Di Ma’had Darul Hikmah Iain Kediri.” Halaqa: Islamic Education Journal 2, no. 2 (December 2018).

Iswanto. “Implementasi Metode Tasmi’ Dalam Menghafal Al Qur’an Di Pondok Pesantren Darut Tilawah Muneng Balong Ponorogo,” 2020.

Muslihati. “Problematika Mahasiswa Dalam Menghafal Al Qur’an Pada Pembelajaran Daring Tahfidz LPPQ UIN Antasari Banjarmasin 2020,” 2020.

Nengsih, Sri Rahayu. “Problematika Pembelajaran Tahfizh Al Qur’an Di SMK IT Rahmatan Karimah Bengkulu Tengah.,” 2021.

Nopita Sari, Yenni. “Problematika Pembelajaran Tahfizh Al Qur’an (Studi Pada Siswa Kelas VIII Di SMP IT Khairunnas Kota Bengkulu).,” 2019.

Nur Rahma, Primaulina Pulungan, Muhammad Arsyad Nasution, and Dame Siregar. “Pelaksanaan Metode Bin Nazhar Di Pondok Pesantren An-Nur Padangsidimpuan.,” 2019.

Nurkarima. “Analisis Pengelolaan Pembelajaran Tahsin Dan Tahfidz Al Qur’an Dengan Metode Talaqqi Kelas VIII Di SMPIT Qordova Rancaekek.,” 2015.

Nursafrina, Rike Roziani. “Problematika Menghafal Al Qur’an Santri Sekolah Menengah Pertama Di Ma’had Al-Muqoddasah Li Tahfidzh Qur’an Nglumpang Mlaral Ponorogo.,” 2021.

Sholatiyah, Lala. “Pelatihan Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Wahdah Dan Metode Kitabiah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas 5 Dan 6 MI El-Syarief.,” 2021.

Sidiq, Umar, and Moh. Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019.

Yesti, Muhari. “Problematika Pembelajaran Tahfizh Al Qur’an (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan ).,” 2021.

Yuliani, Wiwin. “Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling.” QUANTA 2, no. 2 (May 2018).

Zeussa, Bob. “Problematika Proses Belajar Mengajar Tahfidz Al-Qur’an Di SD PLUS Tahfidzhul Qur’an Nida Salatiga.,” 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.