Implementasi Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Rapor Digital Madrasah Di MI Mathla’ul Anwar HSU

Rini Nuraini, Fadllurrohman Fadllurrohman, Norfaizah Norfaizah

Abstract


Penilaian dalam kurikulum 2013 guru dituntut untuk merencanakan serta melaksanakan penilaian hasil belajar siswa secara utuh dan menyeluruh. Penggunaan rapor digital madrasah di MI Mathla’ul Anwar HSU di mulai pada tahun ajaran 2021/2022. Rapor Digital Madrasah (RDM) merupakan penyempurnaan dari Aplikasi Rapor Digital (ARD). Rapor Digital Madrasah (RDM) bertujuan mengelola penilaian hasil belajar siswa dengan cepat, tepat, akurat, efisien dan efektif. Rapor Digital Madrasah (RDM) terintegrasi dengan pangkalan data tunggal EMIS (Education Management Information System). RDM terbagi dalam 3 versi: VDI (Virtual Desktop Infrastructure), XAMPP ((Installer) dan Hosting. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi penilaian hasil belajar siswa berbasis rapor digital madrasah di MI Mathla’ul Anwar HSU. Penelitian ini dilaksanakan di MI Mathla’ul Anwar Desa Rantau Bujur Hilir Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode kualitatif, dimana data yang diperoleh dari tenaga pendidik yang ada di MI Mathla’ul Anwar HSU. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi dalam penilaian hasil belajar siswa di MI Mathla’ul Anwar ditunjukan dengan dilaksanakannya tes, pengukuran dan penilaian; Hasil kinerja siswa dibandingkan dengan kompetensi yang ditetapkan untuk tahapan remedial dan pengayaan; Implementasi Rapor Digital Madrasah melibatkan guru dan operator. Kelebihan: RDM memiliki fitur dan akses yang lengkap; Akurat, valid serta informatif mengenai hasil kinerja siswa meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik beserta catatan dan deskripsinya; Tanpa dipungut biaya dan dapat mempermudah tenaga pendidik dalam pengimputan nilai siswa. Kekurangan; Kecepatan dan akses jaringan internet (wifi) yang terbatas; Server yang tidak connect (tidak tersambung); Input deskripsi yang serba manual dan rangkaian pengisian penilaian yang panjang; Tidak dapat menyelesaikan entri data secara serentak; Data siswa tidak dapat dihapus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Rapor Digital Madrasah dalam penilaian kinerja siswa di MI Mathla'ul Anwar HSU secara teknis sesuai dengan pedoman penggunaan Rapor Digital Madrasah. Namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala, sehingga belum tercapainya tujuan RDM dalam mengelola hasil belajar siswa secara cepat, tepat, akurat, efisien dan efektif


Keywords


RDM, Madrasah, Penilaian Hasil Belajar, Rapor Digital Madrasah

Full Text:

PDF

References


Ali Nurdin, Muhammad. “Implementasi Aplikasi Rapor Digital Madrasah Dalam Penilaian Hasil Belajar Siswa.” El Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education Vol.2, No.1 (2020).

Ayo Madrasah, Ayo Madrasah. “RDM Rapor Digital Gratis Untuk Madrasah,” 2021.

Aziz, Bencet. “Rapor Digital Madrasah (RDM) Pengganti Aplikasi Rapor Digital (ARD),” 2021.

Eko Putro Widoyoko, S. Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Faizah, Nor. “Eksistensi Tenun Papintan Sebagai Media Pengobatan Tradisional Dan Spiritual.” ISOLEC (Internasional Seminar on Language, Education and Culture by Faculty of Later Universitas Negeri Malang, 2021.

Husin, Anisa. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Ornamen Arsitektur Masjid Assu’ada Waringin.” Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan Vol.15, No.1 (2021).

Intel Madrasah. “Panduan Aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM),” 2021.

Kementerian Agama RI. Surat Edaran Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 1594/DJ.II.I/KS00/10/2018) Perihal Aplikasi Rapor Digital (ARD), 2018.

Kementerian Agama RI. Surat Edaran Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor B-4866/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/12/2021 Perihal Kegiatan Pembelajaran Di Madrasah Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Jakarta, 2021.

Kementerian Agama RI. Surat Edaran Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia Nomor B-1726/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/06/2021 Perihal Aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM), 2021.

Khoeron, Moh. “Kemenag Luncurkan Rapor Digital Untuk 87000 Madrasah.” Kementerian Agama RI, 2021.

Kunandar. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Mahdiansyah. Penilaian Pendidikan: Sistem Penilaian Hasil Belajar Dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta: Perpustakaan Nasional: Katalog dalam Terbitan, 2017.

Ruang Pendidikan. “3 Versi Rapor Digital Madrasah (RDM) Tahun 2021,” 2021.

Sarma, Lerika. “Analisis Nilai Rapor Matematika Siswa Pada Masa Covid-19 SMA Inshafuddin Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Vol.1, No.1 (2020).

Sekolah Alam Berbasis Pesantren. “Edaran Penerapan Penggunaan Aplikasi RDM Tahun Pelajaran 2021/2022.” MTs Huliyyatul, 2021.

Sina, Rasdiana. “Penerapan Education Management Information System (EMIS) Di Lembaga Pendidikan Keagamaan Dan Pondok Pesantren Pada Kantor Kementerian Agama Kota Makasar.” Journal of Public Policy and Management Vol.1, No.1 (2020).

Suprananto, Kusaeri. Pengukuran Dan Penilaian Pendidikan. 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.