Pengaruh Perkembangan Bahasa Anak Sekolah Dasar Terhadap Kognitif Anak

Nahriyah Fata, Nailil Muna Shalihah, Nur Abidah

Abstract


Sekolah dasar adalah tolak ukur keberhasilan pendidikan selanjutnya, dalam undang-undang sistem pendidikan nasional UU.No 20.Tahun 2003.pasal 17 “Pendidikan dasar ialah jenjang.pendidikan.yang melandasi jenjang.pendidikan..menengah”. Sebagai orang tua dan guru seyogianya harus memperhatikan dengan baik terhadap perkembangan bahasa anak agar potensi minat dan bakat anak dapat diketahui. Dari studi kasus yang saya analisis dari beberapa tempat layanan jasa WiFi rumahan dimana anak-anak berkumpul bukan untuk fokus belajar justru main game online, hal ini membuat anak tingkat sekolah dasar justru lebih sering diam dan ketika berbicara cenderung mengelurkan kata-kata kasar. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik menganalisis pengaruh perkembangan bahasa anak sekolah dasar terhadap kognitif anak, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak yang terkait seperti orang tua, guru, siswa dan peneliti selanjutnya.


Keywords


Perkembangan Bahasa Anak Sekolah Dasar, Kognitif Anak, Gawai.

Full Text:

PDF

References


Amaruddin, Hidar, Hamdan Tri Atmaja, dan Muhammad Khafid. “Peran Keluarga dan Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Karakter 10, no. 1 (2020).

Chusna, Puji Asmaul, dan Ana Dwi Muji Utami. “Dampak pandemi COVID-19 terhadap peran orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring anak usia sekolah dasar.” Premiere: Journal of Islamic Elementary Education 2, no. 1 (2020): 11–30.

Desrinelti, Desrinelti, Neviyarni Neviyarni, dan Irda Murni. “Perkembangan siswa sekolah dasar: tinjauan dari aspek bahasa.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 6, no. 1 (2021): 105–9.

Harlina, dan Ratu Wardarita. “Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Bindo Sastra 4, no. 1 (2020): 63–68.

Jahja, Yudrik. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2011.

Janttaka, Nugrananda, dan Wahyu Juniarta. “Analisis Dampak Game Online Mobile Legend Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung.” Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4, no. 2 (2020): 132–41.

Kurniati, Erisa. “Perkembangan Bahasa pada Anak dalam Psikologi Serta Implikasinya dalam Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 17, no. 3 (2017): 47–56.

Kurniawan, Agung Rimba, Faizal Chan, Aditya yohan Pratama, Minanti Tirta Yanti, dan Erza Fitriani. “Analisis Degradasi Moral Sopan Santun Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan IPS 9, no. 2 (2019): 104–22.

Mahajani, Tri, dan Ruyatul Hilal Muhtar. “Pemerolehan Bahasa dan Penggunaan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan 5, no. 3 (2019): 170–78.

Maknun, Djohar, Tubagus Pamungkas, Marlina Ummas Genisa, Kuswari Hernawati, Joko Purnomo, Nurul Muda Khikmawati, dan Muh. Tamimmudin. Sukses Mendidik Anak di Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI), 2018.

Malik, Muh Syauqi, dan Maemunah Maemunah. “Kemampuan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dasar (Studi Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia 7-12 Tahun di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Tajungsari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati).” JIP (Jurnal Ilmiah PGMI) 6, no. 2 (2020): 195–214.

Mardianto. Psikologi Pendidikan Landasan bagi Pengembangan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing, 2012.

Mardison, Safri. “Perkembangan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI).” Tarbiyah al-Awlad 7, no. 2 (2017).

Putri, Dini Palupi. “Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital.” AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 2, no. 1 (2018): 37–50.

Rizma, dan Henry Aditia Rigianti. “Fenomena Game Online Di Kalangan Anak Sekolah Dasar.” Pedagogos: Jurnal Pendidikan 3, no. 2 (2021): 41–46.

Sazali, Hasan. Penelitian Kualitatif. Medan Sumatra Utara: Wal ashri Publishing, 2020.

Taufiqurrahman, Safikri, dan Suyadi Suyadi. “Analisis Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dasar Dalam Proses Pembelajaran.” PIONIR: Jurnal Pendidikan 8, no. 2 (2020).

Thahir, Andi. Psikologi Belajar. Bandar Lampung, 2014.

Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

                

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: redaksi.almadrasah@gmail.com