Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Sandiwara Boneka Di RA Nurul Yasin Mejobo Kabupaten Kudus

Aini Indriasih, Ismartoyo Ismartoyo, Yuli Haryati, Sri Sumiyati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi model pembelajaran berdasarkan konsep dan model  Maria Montessori dengan metode sandiwara boneka yang fokus dalam meningkatkan kemampuan  berbahasa anak usia dini.   Desain   Penelitian Tindakan  kelas   ini menggunakan prosedur Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus yang meliputi a) perencanaan, b) pelaksanaan tindakan, c) pengamatan, dan d) refleksi. Subjek dalam   penelitiannya    adalah  anak usia dini pada RA  Nurul Yasin, kecamatan Mejobo  Kabupaten Kudus kelompok  B yang   berjumlah  17 anak didik.  Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes unjuk kerja anak melalui berbicara menceritakan  kembali isi ceritaHasil penelitian ini  antara lain 1) adanya peningkatan rata-rata kemampuan bahasa setelah mengikuti pembelajaran   pada siklus I dan II. Pada siklus I rata-rata kemampuan bahasa 74,59, pada siklus II rata-rata kemampuan bahasa 76,88, (2) secara individu, adanya peningkatan kemampuan bahasa anak melalui pembelajaran ini, yaitu jumlah anak yang mencapai ketuntasan individu 75%  pada  siklus I yang mencapai ketuntasan individu adalah  9 anak pada siklus II yang mencapai ketuntasan individu   sebanyak 14 anak, dan (3) secara klasikal, adanya peningkatan kemampuan bahasa anak melalui sandiwara boneka pada  siklus I yang mencapai ketuntasan klasikal adalah 52,94% pada siklius II yang mencapai ketuntasan klasikal sebesar 82, 33%.


Keywords


Berbahasa, Sandiwara, Boneka

Full Text:

PDF

References


Arikunto, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Dhieni, N dkk. 2009. Metode pengembangan bahasa. Jakarta :Pusat
Penerbitan Universitas Terbuka

Depdiknas (2003) Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem
pendidikan nasional

Indriasih, A & Sumaji (2021). Pengaruh Kemampuan Motorik di
Sekolah dan Rumah Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 176-198

Indriasih, A., Widuroyekti, B , Haryati, Y, Sumaji. (2021). Penerapan Model Maria Montessori Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Pada Anak Usia Dini di Tk Nurul Yasin Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus, 9(2), Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan. 531-543.

Indriasih, A, Ismartoyo, Haryati, Y & Sumaji.(2021). Apakah Pembelajaran Berbasis Sains Dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini? Study Kasus Pada Ra Nurul Yasin Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Jurnal Tunas Siliwangi, 7(2), 37-43.

Kartika, S. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. UPT UNDIP Press
Semarang

Marsh, C. (2008). Becoming A teacher : knowledge, skills and issues, Pearson
Educational
: Australia.

Okta Felinda Fatmi, Rakimahwati (2021) Analisis Metode Sandiwara Boneka Terhadap Kemampuan Bercerita Anak di Taman Kanak-Kanak – Jurnal Ilmu Pendidikan (3) hal (99)

Wardhani, IGAK & Wihardit, Kuswaya. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Banten.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.