Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Sandiwara Boneka Di RA Nurul Yasin Mejobo Kabupaten Kudus
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi model pembelajaran berdasarkan konsep dan model Maria Montessori dengan metode sandiwara boneka yang fokus dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini. Desain Penelitian Tindakan kelas ini menggunakan prosedur Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus yang meliputi a) perencanaan, b) pelaksanaan tindakan, c) pengamatan, dan d) refleksi. Subjek dalam penelitiannya adalah anak usia dini pada RA Nurul Yasin, kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus kelompok B yang berjumlah 17 anak didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes unjuk kerja anak melalui berbicara menceritakan kembali isi cerita. Hasil penelitian ini antara lain 1) adanya peningkatan rata-rata kemampuan bahasa setelah mengikuti pembelajaran pada siklus I dan II. Pada siklus I rata-rata kemampuan bahasa 74,59, pada siklus II rata-rata kemampuan bahasa 76,88, (2) secara individu, adanya peningkatan kemampuan bahasa anak melalui pembelajaran ini, yaitu jumlah anak yang mencapai ketuntasan individu 75% pada siklus I yang mencapai ketuntasan individu adalah 9 anak pada siklus II yang mencapai ketuntasan individu sebanyak 14 anak, dan (3) secara klasikal, adanya peningkatan kemampuan bahasa anak melalui sandiwara boneka pada siklus I yang mencapai ketuntasan klasikal adalah 52,94% pada siklius II yang mencapai ketuntasan klasikal sebesar 82, 33%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Dhieni, N dkk. 2009. Metode pengembangan bahasa. Jakarta :Pusat
Penerbitan Universitas Terbuka
Depdiknas (2003) Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem
pendidikan nasional
Indriasih, A & Sumaji (2021). Pengaruh Kemampuan Motorik di
Sekolah dan Rumah Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 176-198
Indriasih, A., Widuroyekti, B , Haryati, Y, Sumaji. (2021). Penerapan Model Maria Montessori Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Pada Anak Usia Dini di Tk Nurul Yasin Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus, 9(2), Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan. 531-543.
Indriasih, A, Ismartoyo, Haryati, Y & Sumaji.(2021). Apakah Pembelajaran Berbasis Sains Dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini? Study Kasus Pada Ra Nurul Yasin Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Jurnal Tunas Siliwangi, 7(2), 37-43.
Kartika, S. 2012. Buku Ajar Kesehatan Mental. UPT UNDIP Press
Semarang
Marsh, C. (2008). Becoming A teacher : knowledge, skills and issues, Pearson
Educational: Australia.
Okta Felinda Fatmi, Rakimahwati (2021) Analisis Metode Sandiwara Boneka Terhadap Kemampuan Bercerita Anak di Taman Kanak-Kanak – Jurnal Ilmu Pendidikan (3) hal (99)
Wardhani, IGAK & Wihardit, Kuswaya. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Banten.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1183
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aini Indriasih, Ismartoyo Ismartoyo, Yuli Haryati, Sri Sumiyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.