Penerapan Pola Asuh Anak Pada Panti Asuhan Siti Aisyah Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal

Muhammad Irsan Barus, Aisyah Rahma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pola asuh pada Panti Asuhan Siti Aisyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pola asuh yang diterapkan oleh pengasuh Panti Asuhan Siti Aisyah Kabupaten Mandailing Natal adalah pola asuh demokratis, pola asuh otoriter dan pola asuh situasional; 2) Pendukung penerapan pola asuh pada Panti Asuhan Siti Aisyah Kabupaten Mandailing Natal adalah adanya kepribadian pengasuh yang baik, sabar, penuh perhatian, selalu memberikan arahan dan bimbingan, adanya dukungan materi dari Pemerintah daerah dan donatur serta dukungan dari sekolah yang dikemas dalam pembiasaan dan peraturan sekolah; 3) Upaya yang dilakukan dalam proses penerapan pola asuh pada Panti Asuhan Siti Aisyah, yaitu metode nasihat, keteladanan, pembiasaaan, pemberian pujian, hadiah, dan penerapan musyawarah bersama anak panti. Penelitian ini berkontribusi terhadap isu-isu pengasuhan di panti asuhan dan bagaimana pola penerapan pengasuhan yang baik, sehingga nantinya panti asuhan tidak hanya menjadi tempat anak-anak yatim/piatu/terlantar akan tetapi juga mereka mendapatkan pengasuhan yang hangat dan secara rohani akan terbimbing maksimal.


Keywords


Penerapan, Pola Asuh, Anak Panti Asuhan

Full Text:

PDF

References


Achmad, Munib. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Pustaka Jaya

Alimah, Nur. 2006. Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perilaku Keagamaan Anak di Kecamatan Semarang Barat (Analisis Fungsi Bimbingan Konseling Islam). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Anwar, Khoirul. 2007. Lembaga Sosial Panti Asuhan. Malang: UIN Malamg Press.

Assegaf, Syarifah Lubna. 2009. Pola Pengasuhan Anak Terlantar di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 4 Ceger Cipayung Jakarta Timur. Jakarta: Universitas Jayabaya.

Departemen Agama Republik Indonesia. 2012. Al-Quran dan Terjemahan, (Jakarta: Insan Media Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisno. 2000. Metodologi Research Jilid 2. Yogyakarta: Pena Persada Press.

Hakim, Arif. 2005. Pola Asuh Pendidikan Agama Anak (Studi Kasus di Keluarga Pedagang Kaki Lima Jl. Tanjungsari I Kelurahan Tambak Aji Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Magdalena, Hasan Al-Mutahar dan Antonia Sasap Aboa. 2014. Pola Pengasuhan Anak Yatim Terlantar dan Kurang Mampu di Panti Asuhan Bunda Pengharapan (Pabp) di Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal PMIS-UNTAN-PSS.

Mahmud, dkk. 2013. Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga. Jakarta: Akademia Permata.

Marzuki. 2011. Pendidikan Karakter dalam Keluarga Persfektif Islam. Bandung: Rizki Press.

Masyhariyah, Solihatul. 2005. Pola Asuh Anak Yatim Piatu di Pusat Yayasan Multazam Panti asuhan Yatim Piatu AROHADIA Kaliwungu Kendal. Sekolah Tinggi Islam Kendal.

Murestyanto, Adimas Oktarian. 2017. Pola Pengasuhan di Panti Asuahan Al-Barokah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Prints, Darwan. 2003. Hukum Anak Indonesia. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Purwanto, M. Ngalim. 2005. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Cet. VIII. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, Ainul Hayati. 2019. Pola Asuh Panti Asuhan dalam Membina Moral Anak Asuh” (Studi Deskriptif di Panti Asuhan Nirmala Aceh). Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Siyoto, Sandu & Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sobur, Alex. 2010. Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia.

Soehardi, Sigit. 2001. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pena Persada Press.

Soekidjo, Notoatmodjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Anak. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugianto. 2012. Pola Pengasuhan di Panti Asuhan Darul Hadlanah Nahdlatul Ulama Kota Salatiga. Salatiga: Universitas Islam Negeri.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R & D. Bandung: Elfabeta.

Suyanto, Bagong. 2010. Masalah Sosial Anak. Jakarta: Kencana.

Tjokromidjojo, Bintoro. 2016. Teori dan Strategi Pembangunan Nasional. Gunung Agung. Jakarta: Gunung Agung.

Undang-Undang RI No. 23 tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

UU No. 23 Tahun 2020 Pasal 4 s/d 19 Tentang Hak dan Kewajiban Anak.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.