Penerapan Metode Al-Hira Dalam Optimalisasi Membaca Al-Qur’an Di Kelas II SD Islam Terpadu Al-Husnayain

Muhammad Ikbal, Fuji Pratami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan optimalisasi Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Al-Hira’ di kelas II SD IT Al-Husnayain.Mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an anak di kelas II SD IT Al-Husnayain setelah menggunakan metode Al-Hira’. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang memperoleh data, menggunakan metode dokumentasi yaitu suatu metode penelitian untuk memperoleh keterangan dengan cara memeriksa dan mencatat laporan, dengan unsur manusia, dengan informan Kepala sekolah SD IT Al-Husnayain, Guru Kelas II SD IT Al-Husnayain dan siswa Kelas II SD IT Al-Husnayain. selanjutnya menggunakan teknik wawancara, yakni digunakan untuk mengetahui secara mendalam, detail, dan jelas dalam upaya menemukan pengalaman-pengalaman informan atau responden tentang rumusan masalah atau situasi spesifk yang dikaji. Peneliti juga memakai teknik observasi, dengan melibatkan diri meneliti, mengumpulkan data secara sistematik dalam bentuk catatan lapangan.  Hasil temuan penelitian ini ada dua yaitu: pertama, Metode Al-Hira’ yang diterapkan untuk optimalisasi kemampuan membaca Alquran di SD Swasta AlHira’ dengan 20 langkah-langkah pembelajaran. Kedua,. Kemampuan membaca Alquran siswa kelas II SD IT Al-Husnayain dapat dikategorikan mampu yang telah  sesuai dengan tajwid dan makhroj huruf.


Keywords


optimalisasi, metode, Al-Hira, membaca.

Full Text:

PDF

References


Anshori. Ulumul Quran. Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada, 2013.

Budiyanto, Mangun. Prinsip-Prinsip Metodologi Iqra. Yogyakarta: Tadrus, 2000.

———. Ringkasan Pedoman Pengelolaan, Pembinaan dan Pengembangan Gerakan Membaca, Menulis, Memahami, Mengamalkan dan Memasyarakatkan Al-Qur’an (Gerakan M5A). Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus “AMM, 2013.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bogor: Syaamil Quran, 2007.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.

Munaris. Metode Penelitian (Suatu Pendekatan Proposal). Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Nasution. Al-Hira : Dapat membaca Al-Qur’an Dalam Tempo 24 Jam. Medan: Permata Nadia, 2014.

Rofiq, Moh. Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKiS, 2009.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Syah, Muhibbin. Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali press, 2013.

Syamsuddin, U. Panduan Kurikulum dan Pengajaran Taman Kanak-Kanak Alquran (TKA/TPA). Jakarta: LPPTKA :BKPRMI Pusat, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.