Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Madrasah Di MI 04 Rejang Lebong

Feti Iin Parlina, Jumira Warlizasusi, Ifnaldi Ifnaldi

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Menurut Sugiyono metode penelitian kualitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme/enterpretif, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.[1] Manajemen Tenaga Pendidik adalah aktivitas yang dilakukan mulai dari Tenaga Pendidik itu masuk kesuatu lembaga pendidikan dari mulai proses perencanaan SDM, perekrutan, seleksi, penempatan, pemberian kompensasi, penghargaan, pendidikan dan pelatihan atau pengembangan dan pemberhentian. Kegiatan manajemen tenaga pendidik adalah kegiatan merencanakan hingga pemberhentian tenaga pendidik agar tercipta pembelajaran yang efektif dan efisien, sehingga tujuan pembelajaran akan menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Secara umum penerapan manajemen Tenaga Pendidik dilaksanakan sesuai fungsi-fungsi manajemen, dan secara keseluruhan sudah baik dan berjalan secara kondusif dan efisien. Dan secara khusus Dalam fungsi-fungsi manajemen dapat disimpulkan bahwa manajemen tenaga pendidik di MI 04 rejang lebong secara teori dan praktek sudah berjalan dengan baik. Karena sudah sejalan dengan pendapat para ahli dan tenaga pendidik sudah melaksanakan tugasnya masing-masing sesuai dengan bidangnya. Manajemen mutu madrasah yang dilaksanakan pada ketiga madrasah yang menjadi subjek penelitian secara umum tidak terlepas dari komponen-komponen manajemen mutu dengan pendekatan model PDCA, penjelasan mengenai PDCA tersebut adalah sebagaimana telah disampaikan pada bagain kajian pustaka, namun pada dasarnya pada implementasinya tidak terlepas dari permasalahan sehingga dalam proses pengembangan dan atau peningkatan mutu masih perlu adanya pengembangan terutama dalam tahap operasional, untuk mencari solusi tersebut peneliti menyampaikan juga mengenai pendekatan PDCA sebagai padanan dalam mencari langkah penyelesaian dan atau pemenuhan terhadap kebutuhan penjaminan mutu pada ketiga madrasah tersebut, adapun kerangka manajemen mutu madrasah yang dilaksanakan pada ketiga madrasah tersebut adalah sebagaimana gambar di bawah ini.

 


Keywords


Manajemen Tenaga Pendidik,Manajemen Mutu Madrasah

Full Text:

PDF

References


Veithzal Rival dan Syviana Murni. 2010. Education Management. Jakarta: Rajawal Pers. hal. 896.

Undang-Undang no. 20 tahun 2005 Tentang guru dan dosen.

Muhammad Rohman dan Sofan Amri. 2012. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya. hal. 14.

Rohiat. 2010. Manajemen Sekolah. Bandung: PT Refika Aditama. hal. 52

Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara, Observasi, dan Focus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatatif. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Donni Junni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Usman, Husaini, Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), h. 66.

John R. Schemerhorn, Induction to Management, (Asia: Sons (Asia) Pte Ltd, 2010), h. 17.

Sallis, Edward, Total Quality Management in Education (Manajemen Mutu Pendidikan), (Cet. XVI, Jakarta : Erlangga, 2012 ), h. 215.

U. Saefulloh, Manajemen Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2012), h. 218.

Sora N., Pengertian Manajemen Pendidikan dan Fungsinya Serta Ruang Lingkupnya, diakses dari http://www.pengertianku.net, pada tanggal 21 Juli 2016 Pukul 11.04 WIB.

Surya Subroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah, (Cet. Ke-2; Jakarta: Rineka Cipta, 2010), h. 15.

Harold D. Koontz dan Cyril O’Donnel, Principles of Management, (New York: Mc. Graw Hill Book Company, 1964). h. 76.

Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008), h. 23.

Rizki Al Kharim, Fungsi Evaluasi dalam Manajemen, diakses dari http://www.indopubadmi.com, pada tanggal 21 Juli 2016 pukul 12.18 WIB

Husaini Usman, Manajemen,Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011, hlm. 5.

Muhaimin dkk, Manajemen pendidikan, aplikasinya dalam penyusunan renana pengembangan sekolah atau madrasah, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009, hlm. 4

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI,Manajemen Pendidikan…,hlm 229




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

                

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: redaksi.almadrasah@gmail.com