Pendekatan Parenting Berbasis Al-Qur’an: Kajian Tematik Atas Ayat-Ayat Komunikasi Orang Tua Dan Anak Usia Madrasah Ibtidaiyah Dalam Qs Luqman Ayat 13-19

Achmad Fawaid, Rif’ah Hasanah

Abstract


Usia anak Madrasah Ibtidaiyah (6-12 tahun) merupakan usia ketika setiap anak pertama kali memenuhi persyaratan dasar dalam memperoleh pengetahuan, mengembangkan sikap, dan membangun karakter. Dalam hal ini peran orang tua menjadi sangat penting baik secara langsung maupun tidak langsung dalam mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun, masih jarang ditemukan penelitian yang membahas komunikasi orang tua-anak, baik dalam hal pengasuhan dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana komunikasi parenting yang efektif antara orang tua dan anak yang terdapat dalam QS. Luqman ayat 13-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan tematik, yang berusaha mendeskripsikan pola komunikasi orang tua dan anak di usia MI/SD berdasarkan QS. Luqman ayat 13-19. Penelitian ini menghasil menunjukkan pola komunikasi Luqman dalam mendidik puteranya serta nasehat-nasehat Luqman kepada mereka, antara lain mencakup 1) tidak mempersekutukan Allah SWT, 2) berbakti kepada orang tua, 3) berbuat baik dan beramal sholih, 4) menegakkan amar ma’ruf dan nahi mungkar, 5) berkasih sayang dan lemah lembut, 6) berakhlak mulia dan tidak sombong, 7) dan bertauhid sejak usia muda, karena tauhid adalah nilai terpenting dan dasar dari semua ilmu pengetahuan.

Keywords


Parenting; Anak Usia MI; QS Luqman 12-19

Full Text:

PDF

References


Abney, Drew H., Rick Dale, Max M. Louwerse, and Christopher T. Kello. 2018. “The Bursts and Lulls of Multimodal Interaction: Temporal Distributions of Behavior Reveal Differences Between Verbal and Non-Verbal Communication.” Cognitive Science 42 (4): 1297–1316.

Amrul Aysar Ahsan. 2020. “Pembinaan Anak Dalam Surah Luqman Ayat 13-17.” Jurnal Al-Asas IV (1): 54–68.

Arif, Muh., and Ismail Busa. 2020. “Konsep Relasi Anak Dan Orang Tua.” Early Childhood Islamic Education Journal 1 (1): 26–42.

Arruum Arinda. 2021. “Sekolah Ibu: Konsep Dan Implementasi (Studi Kasus Pola Asuh Islami Dalam Keluarga Di Kota Bogor).” Dirasah; Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 4 (2): 134–53.

Ayun, Qurrotu. 2017. “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5 (1): 102–22.

Ghaffar, Abdul. 2021. “Komparasi Kitab-Kitab Tafsir Al- Qur ’ an Era Klasik Dan Modern Atas Teori Dan Model Komunikasi Kelompok Untuk Pendidikan Anak.” Al-Manar; Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam 10 (1): 17–35.

Haris, Munawwir dan Aulia, Hilyatul. 2019. “Urgensi Pendidikan Agama Dalam Keluarga Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak.” Masile: Jurnal Studi Ilmu Keislaman 1 (1): 47–64.

Haris, Aidil. 2018. “Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Mendidik Anak Menurut Al-Qur’an.” AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya 9.2, 84–94.

Haskins, Ron. 2015. “The Family Is Here to Stay—or Not.” Future of Children 25 (2): 129–53.

Hidayat, Nurul. 2016. “Konsep Pendidikan Islam Menurut QS Luqman Ayat 12-19.” Ta’allum 04 (02): 359–70.

Hunt, Pihel, Äli Leijen, and Marieke van der Schaaf. 2021. “Automated Feedback Is Nice and Human Presence Makes It Better: Teachers’ Perceptions of Feedback by Means of an E-Portfolio Enhanced with Learning Analytics.” Education Sciences 11 (6): 1–13.

Ida Bagus Alit Arta. 2020. “Pola Asuh Dalam Penumbuhkembangan Karakter Toleransi Anak Usia Dini Dilingkungan Minoritas.” Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah 1 (1): 119–29.

Indah, P Sari. 2021. Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Pada Kisah Luqman Al-Hakim (Qs. Luqman Ayat 13-19).

Kusumawati, Tri Indah. 2016. “Komunikasi Verbal Dan Nonverbal.” Al-Irsyad Jurnal Pendidikan Dan Konseling 6 (2): 83–98.

Ma, Syamsul. 2017. “Aktualisasi Pola Pengasuhan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Era Digital Prespektif Al-Qur’an Pendekatan Tafsir Tematik.” Al-Itqon 3 (2): 71–94.

Mubarok, Suliyono M. 2019. “Penafsiran Ayat-Ayat Komunikasi Orang Tua Dan Anak Perspektif Tafsir Sufi Al-Qushayri.” Refleksi 18 (2): 249–72.

Muhajir, Ahmad. 2021. Konsep Pendidikan Anak Pada Kisah Nabi Ibrahim Dan Lukman Al-Hakim Dalam Al-Qur’an.

Mushlih, Ahmad. 2018. “Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Melalui Kisah Nabi Nuh As.” Proceedings of The 3rd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education 3: 153–64.

Muthohar, Sofa. 2013. “Antisipasi Degradasi Moral Di Era Global.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 7 (2): 321–34.

Oktavia, Lidia, Aflatun Muchtar, Ahmad Zainuri, and Ari Sandi. 2020. “Metode Pendidikan Anak Dalam Keluarga : Sebuah Perspektif Al- Qur’an Surat Luqman.” AL-Wijdan; Journal of Islamic Education Studies V (2): 148–66.

Prasetiyo, Joko Roby. 2020. “The Role of Religion on Food Consuming Issue Developing Theological-Philosophy Concept of Food Through Al-Qur ’ an.” Shahih Journal of Islamicate Multidisciplinary 5 (1): 1–13.

Pratiwi, Yani, Surah Luqman, and Akhlakul Karimah. 2021. “Realisasi Surah Luqman Dalam Pembetukan Akhlakul Kharimah Pada Anak Usia Dasar.” Raden Fatah 2 (1): 40–51.

Purnamasari, Dewi. 2017. “Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran.” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 1 (1): 1.

Purwatiningsih. 2016. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Menurut Al-Qur’an Kajian Surah Al-Luqman Ayat 13-18.” Tadbir Muwahhid 5 (2): 90–97.

Rahim, Abdan. 2018. “Pendidikan Islam Dalam Surah Luqman.” Jurnal Ilmiah Al-Qalam 12 (1): 51–74.

Rahmawati, muragmi, Gazali. 2018. “Pola Komunikasi Dalam Keluarga.” Al-Munzir 11 (2): 163–81.

Ridwan, Iwan. 2019. “Konsep Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling 4 (2): 121–39.

Sholihat, Ai Lindayani. 2019. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Yang Terkandung Dalam Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 12-15 (Studi Tafsir Al-Misbah) Serta Implikasinya Dalam Kehidupan.” UIN SMH BANTEN Instutinal Repository, 1–50.

Tian, Wahyudi. 2019. “Paradigma Pendidikan Anak Dalam Keluarga Di Era Digital.” Ri’ayah; Jurnal Sosial Dan Keagamaan 4 (1): 31–43.

Tsauri, M N. 2019. “Pesan Moral Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Alquran (Analisis Metode Tafsir Tematik).” Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir 2 (2): 125–44.

We, Asfi Yanti, and Puji Yanti Fauziah. 2020. “Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau ‘Manjujai’ Untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (2): 1339–51.

Yahya, Muhammad. 2021. “Pendidikan Keluarga Dalam Al-Qur’an ( Surah Luqman Ayat 12-19).” Arfannur: Journal of Islamic Education 2 (2): 87–104.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.