Efektivitas Penggunaan Media Edutoys Berbasis HOTS Terintegrasi Karakter Tema 6 Panas dan Perpindahannya

Sherin Damayanti, Nur Ngazizah, Arum Ratnaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media edutoys berbasis HOTS terintegrasi karakter tema6 panas dan perpindahnnya di kelas V.  Jenis penelitian menggunakan meteode penelitian quasi experiment dengan desain penelitian yatu pretest-posstest control group design. Sampel dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu lembar pretest dan posttest, observasi karakter, dan keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian dikatakan bahwa penggunaan media edutoys dikatakan efektif berdasarkan hasil: (1) Nilai keterampilan HOTS yang diperoleh dari nilai posttest pada kelas eksperimen diperoleh rerata 83 dengan kriteria sangat baik lebih baik dari perolehan kelas kontrol 61 dengan kriteria baik. (2) Observasi karakter pada kelas eksperimen diperoleh rerata 3,54 dengan kriteria sangat baik lebih besar dari kelas kontrol dengan rerata 3.08 dengan kriteria baik. (3) Keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rerta 96,9% dengan kriteria sangat baik. Sementara uji t media edutoys terhadap HOTS diperoleh  >  = 1,73406 dan media edutoys terhadap karakter diperoleh 2,181 >  = 1,73406 sehingga disimpulkan terdapat pengaruh antara media edutoys terhadap HOTS dan karakter pada tema 6 panas dan perpindahannya.

Kata Kunci: HOTS, Karakter, Efektivitas, Edutoys,

 

Abstract

This study aims to determine the use of HOTS-based edutoys media integrated with 6 heat theme characters and their transfer in class V. This type of research uses a quasi-experimental research method with a research design that is pretest-posttest control group design. The sample in this study was divided into two classes, namely the experimental class and the control class. The instruments used were pretest and posttest sheets, character observations, and learning implementation. The results of the study said that the use of edutoys media was said to be effective based on the results: (1) The HOTS skill scores obtained from the posttest scores in the experimental class obtained an average of 83 with very good criteria, better than the control class acquisition of 61 with good criteria. (2) Observation of characters in the experimental class obtained an average of 3.54 with very good criteria, bigger than the control class with an average of 3.08 with good criteria. (3) The implementation of learning obtained an average of 96.9% with very good criteria. Meanwhile, the t-test of edutoys media on HOTS obtained  >  = 1,73406 and edutoys media on characters obtained 2,181 >  = 1,73406 so it can be concluded that there is an influence between edutoys media on HOTS and the characters in theme 6 heat and its transfer.

Keywords: HOTS, Character, Effectiveness, Edutoys,


Keywords


HOTS, Karakter, Efektivitas, Edutoys

Full Text:

PDF

References


Ariyana, Yoki, Ari Pudjiastuti, Reisky Bestary, and Zamromi Zamromi, ‘Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi’, Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan, 2018, 1–87

Guslinda, and Rita Kurnia, Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, 2018 <https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=TgCDDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA44&dq=Media+Pembelajaran+Anak+Usia+Dini+GUSLINDA&ots=3WDPErSDiI&sig=gqn01i76M5BBkJ2ZCWFmcVVgLpA&redir_esc=y#v=onepage&q=Media Pembelajaran Anak Usia Dini GUSLINDA&f=false>

Intan, Fradia Mayang, Eko Kuntarto, and Alirmansyah Alirmansyah, ‘Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sekolah Dasar’, JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5.1 (2020), 6 <https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1666>

Khosyiatun, Khosyiatun, ‘Permainan Medikar Limai Untuk Meningkatkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di SD Negeri Sukoharjo 04’, Jurnal Pendidikan, 30.3 (2021), 387 <https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1890>

Pratiwi, Widya, and Johar Alimuddin, ‘Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan High Order Thinking Skill ( HOTS ) Pada Pembelajaran Tema Persatuan Dalam Perbedaan.’, Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1 (2018), 531–38

Rosyad, Ali Miftakhu, and Darmiyati Zuchdi, ‘Aktualisasi Pendidikan Karakter Berbasis Kultur Sekolah Dalam Pembelajaran IPS Di SMP’, Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5.1 (2018), 79–92 <https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.14925>

Sugiyono, Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Research and Development (R&D) (Bandung: Alfabeta, 2019)

Syamsurrijal, Arif, ‘Bermain Sambil Belajar: Permainan Tradisional Sebagai Media Penanaman Nilai Pendidikan Karakter’, ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1.2 (2020), 1–14 <https://doi.org/10.37812/zahra.v1i2.116>

Wibowo, Deny Hari, Nur Ngazizah, Galih Yansaputra, Muhammadiyah Purworejo, Correspondent Author, Media Edutoys, and others, ‘Jurnal Fundadikdas ( Fundamental Pendidikan Dasar ) Pengembangan Media Edutoys Berbasis HOTS Terintegrasi Karakter Tema Panas Dan Perpindahannya Pada Kelas V SD Development of HOTS-Based Edutoys Media That Integrates Hot Theme Characters and Their Transfe’, 4.2 (2021), 123–35

Widodo, Arif, and Dyah Indraswati, ‘Analisis Konten HOTS Dalam Buku Siswa Kelas V Tema 6 “ Panas Dan Perpindahannya ” Kurikulum 2013 A . PENDAHULUAN Buku Siswa Merupakan Salah Satu Bahan Ajar Yang Digunakan Untuk Memudahkan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 . Melalui Buku ’, 12.1 (2019), 1–13




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.