Analisis Peningkatan Moral Melalui Permainan Simbolik Pada Anak Usia Dini

Khadijah Khadijah, Irma Qurata Aini, Dini Rosmana Tanjung, Zulham Efendi Marpaung

Abstract


Pendidikan moral yang dilakukan pada anak usia dini mendukung suatu kreativitasan dimana adnak dapat bermain sambal belajar pada satu waktu yang sama. Melalui permainan simbolik ternyata dapat pula dijadikan upaya dalam meningkatkan sebuah pendidikan moral bagi anak di usia dini dan taman kanak-kanak. Tulisan ini bertujuan dalam memberikan penjelasan terkait manfaat yang didapat dalam pemanfaatan permainan simbolik pada anak usia dini. Metode yang digunakan yaitu menggunakan studi literature dimana mengambil preferensi dari penelitian-penelitan sejenis sebelumnya. Teknik analisis yang dipakai adalah deskriptif. Hasil yang didapat yaitu bahwa sebuah permainan simbolik dapat memberikan manfaat yaitu sebagai batu loncatan anak, media pengasah kemampuan kognitif, sebagai media untuk meningkatkan rasa empati pada anak.


Keywords


Anak usia dini, Moral, Permainan Simbolik

Full Text:

PDF

References


Hery Yuli Setiawan, M. “Improving Early Childhood Social Skills Through Traditional Games.” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 5, no. 2 (2016): 1–8.

Khaironi, Mulianah. “Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age 1, no. 01 (2017): 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479.

Nurmayani. “Bermain dan kreativitas pada anak Usia dini.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 20, no. 77 (2014): 1–9.

Risanti, Rika, Lilik Sabdaningtyas, dan Ari Sofia. “Bermain Simbolik Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 3, no. 1 (2017): 1–26.

Sutanti, Tri, dan Universitas Ahmad Dahlan. “Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Simbolik Model.” BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK SIMBOLIK MODEL SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN EMPATI PADA ANAK USIA DINI Tri 1, no. 1 (2017): 369–80.

Taat Wulandari, Agustina Tri Wijayanti, Sudrajat. “Muatan Nilai-Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Di Paud Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul.” Jipsindo 2, no. 1 (2015): 44–65. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4524.

Wahyuni, Fitri, dan Suci Midsyahri Azizah. “Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan 15, no. 01 (2020): 161–79. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257.

Yus, Anita, dan Kamtini. “Eksplorasi Penggunaan Bermain Simbolik untuk Membantu Perkembangan dan Belajar Anak di Taman Kanak-Kanak.” Early Childhood Education Journal 1, no. 1 (2018): 44–51.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.