Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kemampuan Perilaku Hormat Bagi Anak
Abstract
Penelitian ini berisi tentang penerapan islamic games dalam mengembangkan nilai agama anak usia dini pada era pandemi covid-19. Jenis metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain yaitu experimental design dengan jenis non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2022 dengan subjek yaitu anak-anak usia 4-5 tahun di desa laut Dendang, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 14 anak. Indikator penilaian dalam penilaian ini adalah (1) mengetahui agama yang dianutnya, (2) berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, (3) mengenal Tuhan dan Ciptaan-Nya, (4) membedakan perilaku baik dan buruk, (5) menirukan gerakan ibadah dengan urutan yang benar. Hasil penelitian ini yaitu pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata (mean) pretest 1,28 dan posttest 1,42, nilai t paired t-test sebeesar -2,534. Sedangkan pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 1,42 pada pretest dan posttest 3,28. Nilai t paired t-test sebesar -12,790. Dari hasil kedua kelompok tersebut (kontrol dan eksperimen) diperoleh nilai t independt t-test sebesar -11,277 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan islamic games mampu mengembangkan nilai agama anak usia dini (4-5 tahun) secara signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Handayani, Sri. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Melatih Sikap Jujur Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas Iii Sekolah Dasar.” Iain Batusangkar, 2021.
Hartika, Andi Sitti, Ahmad Afiif, Dan Besse Marjani Alwi. “Pengaruh Permainan Ular Tangga Islami Terhadap Perilaku Moral Anak Pada Kelompok B Tk Citra Samata.” Nanaeke: Indonesian Journal Of Early Childhood Education 3, No. 1 (2020): 18–27.
Irfan, Irfan, Jarkawi Jarkawi, Dan Eka Sri Handayani. “Pengembangan Media Ular Tangga Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perencanaan Karier.” Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi 3, No. 2 (2020): 79–87.
Khadijah. Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publishing, 2016.
———. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing, 2016.
Khadijah, Khadijah, Dan Lasma Roha Sitompul. “Permainan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam.” Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial 4, No. 2 (2020): 63–68.
Mirawati, Mirawati, Dan Rini Nugraha. “Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun.” Early Childhood: Jurnal Pendidikan 1, No. 1 (2017): 13–27.
Mufliha, Septiana Eka, Khusnul Khotimah, Elvy Ulfiatul Masrurah, Dan Antuni Wiyarsi. “Penananman Karakter Jujur Melalui Media Ular Tangga Karakter Pada Anak Usia Pendidikan Dasar.” Kopen: Konferensi Pendidikan Nasional 1, No. 1 (2018): 217–19.
Nawawi, Ahmad. “Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus.” Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 16, No. 2 (2011): 119–33.
Nurhayani, Neni Sri, Maria Hidayanti, Dan Syafa’atun Nahriyah. “Pengaruh Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Iii Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Mau’izhoh 3, No. 1 (24 Agustus 2021): 49. Https://Doi.Org/10.31949/Am.V3i1.3281.
Saputro, Andi. “Hubungan Bermain Game Online Dengan Risiko Perilaku Kekerasan Pada Remaja Kelas Viii Smp N 11 Kota Magelang,” 2020.
Schiller, Pamela Byrne, Dan Tamera Bryant. The Values Book: Teaching 16 Basic Values To Young Children. Gryphon House, Inc., 1998.
Simahate, Salpina. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Sains Anak Kelompok B Di Ra Darul Fazri Desa Laut Dendang Ta 2018/2019.” Awlady: Jurnal Pendidikan Anak 5, No. 2 (2019): 117–29.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1266
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.