Implementasi Permainan Finger Board Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Cut Nurul Haniyah, Nurlaila Hayati, Fazra Khaliana Sitorus, Khadijah Khadijah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami proses penerapan bermain finger board untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 anak perempuan dan 2 anak laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan bermain finger board dapat menjadi alternatif yang dapat dilakukan para pendidik untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, yang mana pelaksanan pembelajaran ini dilakukan secara beulang-ulang. Oleh karena itu penggunaan finger board dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dapat ditindak lanjuti dan diaplikasikan. Hal ini membuktikan bahwa finger board dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.


Keywords


Bermain, Kemampuan kognitif, Finger board

References


Helsa, Y., dan Hadiyanto Hadiyanto. “Creating Conducive Environment on Learning Math in Tetriary Education.” Dalam International Conference on Education, Science and Technology, 392–97. Redwhite Press, 2019.

Husna, Amalia. “Pengaruh Penerapan E-Lematika Active-Flipped Classroom Berbasis Moodle pada Materi Matriks Dengan Strategi Information Search Terhadap Self-Efficacy Siswa Kelas XI SMKN 1 Kota Jambi.” UNJA, 2021.

Husna, Amalia, dan Delfi Eliza. “Strategi perkembangan dan indikator pencapaian bahasa reseptif dan bahasa ekspresif pada anak usia dini.” Jurnal Family Education 1, no. 4 (2021): 38–46.

Husna, Amalia, dan Nurhafizah Nurhafizah. “Strategi Pembelajaran Matematika Mengenal Nilai dan Angka Melalui Bermain dan Benda-Benda Konkret pada Anak Usia Dini.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 22, no. 1 (2022): 24–33.

Isenberg, Joan P., dan Mary Renck Jalongo. Creative expression and play in the early childhood curriculum. Simon & Schuster Books For Young Readers, 1993.

Khadijah, Khadijah. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing, 2017.

Morrison, George S. Fundamentals of early childhood education. Pearson Higher Ed, 2008.

Musfiroh, Tadkiroatun. “Teori Bermain pada Anak Usia Dini Menurut Para Ahli.” Sabyan PAUD (blog), 7 April 2020. https://sabyan.org/teori-bermain-pada-anak-usia-dini-menurut-para-ahli/.

Nasional, Departemen Pendidikan. Pedoman pembelajaran bidang pengembangan pembiasaan di taman kanak-kanak. Departemen Pendidikan Nasional, 2007.

Norita, Efi, dan Hadiyanto Hadiyanto. “Pengembangan Media Pembelajaran Kognitif Berbasis Multimedia di TK Negeri Pembina Padang.” Jurnal Basicedu 5, no. 2 (2021): 561–70.

Santrock, John. Perkembangan Anak (Jilid 1). Jakarta: Erlangga, 2007.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Usman, Muhammad. Perkembangan Bahasa dalam Bermain dan Permainan:: Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Deepublish, 2015.

Yuhasriati, Y., dan A. Yuriansa. “Patterns playing for early childhood education: Mathematics learning for early childhood education.” Dalam Journal of Physics: Conference Series, 1088:012099. IOP Publishing, 2018.

Zahrani, Zahrani, dan Tri Kurniati Ambarini. “Pelatihan Kontrol Diri untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa.” Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA 11, no. 2 (2019): 104–13.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.