Manajemen Mutu Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Tendik SD Muhammadiyah 05 RL
Abstract
Strategi kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SD Muhammadiyah 05 RL yaitu dengan dibekali kemampuan keterampilan siswa-siswi yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler dan mengadakan kegiatan Boarding School, bahwanya Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas mutu dalam pendidikan hendaknya terlebih dahulu mengadendakan perencanaa program sert merincikan kebutuhan Guru serta tenaga kependidikan yang akannantinya menjalankan apa yang menjadi tugas, perencanaan kurikulum yang nantinya dijalankan selama proses KBM, merencanakan kebijakan dalam penambahan modifikasi mapel, membuat struktur pengorganisasian melibatkan wali dan orang tua murid melalui komite sekolah serta dibarengi perlengkapan sarana prasarana yangnantinya digunakan, memberikan prilaku yang baik, tenang dalam bekerja, memberi semangat (motivasi) serta penghargaan terhadap bawahan baik moril maupun materil, peningkatan dalam kesejahteraan, mengikut sertakan Guru (pendidik) dan tenaga kependidikan dalam pelatihan diklat-diklat serta memotivasi personil yang senior agar memiliki semangat life long education, mengawasi output, KBM, dan murid mulai dari proses penerimaan (PPDB) sampai lulus pada sekolah tersebut. Dimana ada beberapa hambatan yang dialami sekolah yaitu kurang menunjangnya sarana prasarana serta adanya personil yang masih kurang disiplin, dan kurangnya komunikasi antara kepala sekolah dengan sebagian personil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Damanhuri, A., Mujahidin, E., & Hafidhuddin, D. (2013). Inovasi pengelolaan pesantren dalam menghadapi persaingan di era globalisasi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 17–37.
Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215–240.
Farikhah, S. (2015). Manajemen lembaga pendidikan. Aswaja Presindo.
Iffah, F., & Yasni, Y. F. (2022). Manusia Sebagai Makhluk Sosial. Lathaif: Literasi Tafsir, Hadis Dan Filologi, 1(1), 38–47.
Indonesia, P. R. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Kusen, K., Hidayat, R., Fathurrochman, I., & Hamengkubuwono, H. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dan Implementasinya Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 175–193.
Maghfira, I., Mustar, S., Ifnaldi, I., & Faishol, R. (2022). PELATIHAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DAN INSENTIF TERHADAP KINERJA GURU. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 20(1), 018–050.
Masluroh, H. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe TGT dengan Gerakan Brain Gym Di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.22219/jkpp.v1i2.1562
Nasution, S. P. (2016). Peranan kepala madrasah terhadap kinerja guru. Al Idarah Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 190–209.
NILAM, N. S. (2020). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Al-Hidayah Batulappa [PhD Thesis]. INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.
Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27–44.
Rozi, F., Bali, M., Firdaus, S., Wijaya, M., Mursyidi, R. A., Haqiki, M. W., & Abidin, Z. (2020). Learning management; identifying learning styles of language learners in madrasah. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 5, 3783–3790.
Sholeh, M. (2016). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 41–54.
Warlizasusi, J. (2017). Reformasi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Rejang Lebong. TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 125–162.
Wibowo, A., & Subhan, A. Z. (2020a). Strategi kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 108–116.
Wibowo, A., & Subhan, A. Z. (2020b). Strategi kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 108–116.
Yuristia, A. (2018). PENDIDIKAN SEBAGAI TRANSFORMASI KEBUDAYAAN. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1), Article 1. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/5714
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1340
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Adewahyu Adewahyu, Jumira Jumira, Ifnaldi Ifnaldi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.