STRATEGI PEMBELAJARAN FIQIH THAHARAH DI SDN MUNDAR KECAMATAN LAMPIHONG KABUPATEN BALANGAN

Hikmatu Ruwaida

Abstract


Lemahnya proses pembelajaran merupakan salah satu problem dalam dunia pendidikan di Indonesia saat ini. Dalam proses pembelajaran, anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir, mereka cenderung diarahkan untuk menghafal informasi sehingga murid lebih kepada pintar secara teoritis tetapi lemah dalam aplikasi. Melihat realitas inilah perlunya perubahan dalam proses pembelajaran dalam dunia pendidikan saat ini. Maka dikembangkan pula berbagai strategi-strategi baru yang berguna untuk menunjang tercapainya Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang dikehendaki menurut standar yang telah ditetapkan Di SD, walaupun kajian materi thaharah tidak terlalu dalam, diharapkan guru mampu memberikan pengajaran yang maksimal sebab Islam memberikan perhatian yang lebih terhadap kebersihan seseorang sampai-sampai bersih merupakan kunci sahnya pelaksanaan ibadah. Dalam penelitian ini akan diungkapkan bagaimana strategi guru mengajarkan fiqih thaharah pada anak SD. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasi penelitian menujukkan bahwa Guru PAI di SDN Mundar menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan inkuiri dalam mengajarkan fiqih thaharah kepada peserta didik. Guru melaksanakan strategi pembelajaran dengan beberapa langkah. Secara umum, langkah-langkah dalam pelaksanaan penerapan
strategi pembelajaran yaitu guru memberikan materi secara ringkas, guru meminta peserta didik untuk mengikuti langkah-langkah strategi pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan klarifikasi, kesimpulan dan tindak lanjut berupa evaluasi pembelajaran.

Keywords


Strategi Pembelajaran, Fiqih Thaharah

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Ahmadi, Rulam. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Bahri Djamarah, Syaiful, Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta, Rineka Cipta: 1996.

England and Associated Companies Throughout the World, Longman Advanced American Dictionary. London: Pearson Education Limited, 2008.

Hasbi Ash-Shidqy, T.M. Pengantar Hukum Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1996.

J. Moeleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Jakarta: 2016.

Masitoh, Laksmi Dewi. Strategi Pembelajaran. Departemen Agama Republik Indonesia, Jakarta: 2009.

Muhammad Hasbi ash-Shiddieqy, Teungku. Pengantar Ilmu Fiqh. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 1997.

Rofiq, Ahmad. Hukum-hukum Islam di Indonesia. Jakarta: Raja Garfindo Persada, 2000.

Sabri, Ahmad. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Quantum Teaching, 2005.

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2006.

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2011.

_________Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana, Jakarta: 2011.

_________ Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana, Jakarta: 2008.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sunarto, Ahmad. Terjemah Fat-Hul Qorib. Surabaya: Al-Hidayah, tt.

________ Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2014.

Syafi'i Karim, A. Fiqih - Ushul Fiqh. Bandung : Pustaka Setia, 1997.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Serta Wajib Belajar. Bandung: Citra Umbara, 2010.

Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Yaumi, Muhammad. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!

Indeksasi:

___________________________________________________________________________________________________________________________________

Contact us: Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: redaksi.almadrasah@gmail.com