Analisis Penanaman Nilai Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mendeskripsikan penanaman nilai karakter pada anak berkebutuhan khusus di SD Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar. 2). Mendeskripsikan bentuk penanganan dalam mengatasi masalah pendidikan karakter pada anak berkebutuhan khusus di SD Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Subjek penelitian ini adalah guru kelas II dan guru pendamping khusus dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi berperanserta, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui hasil informasi yang diperoleh dari kepala sekolah, guru kelas II, dan guru pendamping khusus SD Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar sudah menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa di kelasnya melalui pembelajaran, hal ini terlihat dengan studi dokumentasi RPP, dalam RPP tersebut terdapat nilai-nilai pendidikan karakter khususnya ada pada KD dan KI maupun Indikator yang didalamnya terdapat nilai-nila karakter yaitu relegius, integritas, nasionalis, mandiri, dan gotong royong. Penanaman nilai pendidkan karakter di kaitkan dengan visi dan misi sekolah, aturan sekolah, aturan kelas, selogan atau poster yang mendukung dalam implementasi pendidikan karakter. Bentuk penanganan dalam mengatasi masalah pendidikan karakter pada siswa berkebutuhan khusus yaitu dengan cara mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya, kemudian menegurnya dengan baik, anak berkebutuhan khusus memiliki kemampuan sesuai dengan hambatannya dan tak jarang jika kita harus memberinya penjelasan di iringi dengan contoh sehingga anak akan lebih mudah memahami, jika tidak di indahkan maka di hadapkan dengan kepala sekolah dan sekolah menghubungi orang tuanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwisol. 2008. Psikologi Kepribadian. Malang: UM Press.
Carole Wade & Carol Tavris (2015). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Corey, Gerald. 2007. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama
Dharma Kesuma, dkk. (2011) Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Doni Kesuma A. (2009). Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta:
Grasindo.
Farozin Muh dan Fathiya, Kartika Nur. 2004. Pemahaman Tingkah Laku. Jakarta: Rineka Cipta.
Furqon Hidayatullah. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Jamal Ma’mur Asmani. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Komalasari, G., Eka, W., & Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: indeks.
Latipun. 2008. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.
Masnur Muslich. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis
Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Muchlas Samani dan Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Mudjiono, Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methode). Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Ranieka Cipta.
Suparno, Purwanto, H. & Purwanta,E. (2010). Bahan Ajar Cetak Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Supriyanto, A. (2012). Peran Pengasuhan Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Aktivitas Olah Raga.Prosiding, Seminar Nasional. Yogyakarta: FIK UNY
T. Ramli & Alkrienciechie, Irwanto. (2003). Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama Dan Budaya Bangsa). Bandung: Pustaka Setia.
Timothy Wibowo. (2010). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.Diaksesdarihttp://www.pendidikankarakter.com/pentingnya-pendidikan karakter dalam-dunia-pendidikan/ pada tanggal 28 Agustus 2013, jam 20.00 WIB.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1402
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 suraety Djamaluddin, Rosleny B, Muhammad Basri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.