Pengaruh Suasana Lingkungan Kerja Dan Gaji Terhadap Kinerja Guru Dalam Pembelajaran IPS Di SD Negeri Se-Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa

Muh. Nasrun, Basri Basri, Andi Jam’an

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh suasana lingkungan kerja terhadap kinerja guru dalam pembelajaran IPS di SD negeri se-Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, (2) pengaruh gaji terhadap kinerja guru dalam pembelajaran IPS di SD negeri se-Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa,dan (3) pengaruh suasana lingkungan kerja dan gaji secara bersama-sama terhadap kinerja guru dalam pembelajaran IPS di SD negeri se-Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD yang mengajar di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa dengan total jumlah guru PNS sebanyak 111 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling, dan terpilih 48 guru sebagai sampel.Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Suasana lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran IPS di SD Negeri se-Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, (2) Gaji berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran IPS di SD Negeri se-Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, dan (3) Suasanalingkungan kerjadan gajisecara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran IPS di SD Negeri se-Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa.Temuan ini menunjukkan bahwa suasana lingkungan kerja dan gaji guru hendaknya diperbaiki dan ditingkatkan karena berkontribusi positif terhadapkinerja guru dalam pembelajaran

Keywords


Suasana Lingkungan Kerja, Gaji,Kinerja Guru.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2013.Ilmu Sosial Dasar. Jakarta : PT. Asadi Mahasatya.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Burhanuddin, Y. 2007. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Chajatun, S. 2008. Hubungan Antara Motivasi, Pendapatan Dan Gaji, Dan Pengawasan Dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Unit Pelaksana Teknis Daerah Pendidikan Kecamatan Jati Kudus. Tesis. Tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Elfita, R., Zulhaini, Z., & Mailani, I. 2019. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Sentajo Filial Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 1(1), 37-55.

Handayani, M. W. R. 2014. Faktor-faktor yang memengaruhi kinerja guru IPA (sains) SMP Negeri Se-kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Jurnal penelitian ilmu pendidikan, 7(2).

Jasmani & Mustofa, S. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Kinerja Peningkatan Kerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Jumriatunnisah, N., & Hidayatullah, M. (2017). Pengaruh Budaya, Kompensasi dan Motivasi Internal terhadap Kinerja Guru Honorer pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bima. Jurnal Tambora, 2(3).

Mangkunegara, A. A. P. 2016. Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mathis, R.L. & J.H. Jackson. 2006.Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia, Terjemahan Angelia, D.Jakarta: Salemba Empat.

Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurdin, S. 2005.Model Pembelajaran yang Memperhatikan Keragaman Individu Siswa dalam KBK. Tangerang : Quantum Teaching.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru dalam Direktorat Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Rahayu, D., Firdaus, M. A., & Rinda, R. T. 2020. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Upah Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 601-609.

Riduwan & Sunarto. 2017. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Ruslan. 2009. Validitas Isi. Makassar: Buletin Pabiritta LPMP SulSel.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sagala, S. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sapriya, dkk. 2015.Pembelajaran dan Hasil Belajar IPS. Bandung : UPI Press.

Sedarmayanti. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sobirin, S. 2012. Faktor-faktor Yang Memengaruhi Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 14(1), 120-134.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT. Rafika Aditama.

Sumaatmadja, N. 2010.Metodologi Pengajaran IPS. Bandung : Alumni.

Surya, M. 2004.Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran.Bandung: Pustaka Bany Quraisy.

. 2014. Psikologi Guru. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Usman, M. U. 2005.Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, I. 2012. Mengajar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.