Metode Daring Pembelajaran Aqidah Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri Depok

Muhamad Fadli, Abas Mansur Tamam, Abdul Hayyie Al Kattani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pengajaran daring matapelajaran aqidah di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri Depok. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif, sumber data diambil dari kepustakaan dan narasumber dari pengurus SDIT Nurul Fikri Depok. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif, yaitu suatu metode yang menggambarkan situasi apa adanya sesuai fakta secara deskriptif. Temuan dalam kajian ini adalah metode pengajaran daring aqidah di SDIT Nurul Fikri Depok dilakukan dengan konsep fun learning, agar tercipta suasana pembelajaran yang kondusif. Diantara media daring yang digunakan untuk pembelajaran aqidah di SDIT Nurul Fikri adalah: Padlet, Peardeck, Flipgrid, Quiziz, Edpuzzle, dan Google Meet. Hasil diskusi dari kajian ini mengungkapkan bahwa metode pembelajaran daring aqidah di SDIT Nurul Fikri Depok sangat efektif, efisien dan menyenangkan sehingga memberikan rasa nyaman baik bagi guru pengajar maupun para peserta didik.

Keywords


Metode Daring, Pembelajaran Aqidah, SDIT Nurul Fikri Depok

Full Text:

PDF

References


Afandi, Chamalah, dan Wardani, Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Unissula Press.

Afifuddin, Saebani Ahmad, 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia.

Falahudin, Iwan, 2014, Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran, Jurnal Lingkar Widyaiswara: Vo.1. No.4.

Fitrah, et.al, 2017, Belajar dan Pembelajaran, Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman: Vo.03 No.2.

Francis, Taylor, 2010, ELEARNING terj. Robin Mason dan Frank Rennie. Yogyakarta: Pustaka Baca.

Muhammad bin Abdullah bin Shalih As Suhaimi, 2018, Cara Bijak Mendidik Anak, Terjemah Agus Abu Aufa, Jakarta: Pustaka Dhiya’ul Ilmi.

Mujib Abdul, dan Mudzakir Jusuf, 2001, Nuansa-Nuansa Psikologi Islam, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Mudlofir, Ali, Pendidik Profesional, Depok: PT Rajagrafindo Persada, cet.1.

Moeleong, J Lexy, 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, M.A., 2003, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsio.

Jannah, Miftahul. “PERAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 2 (2020). https://doi.org/10.35931/am.v4i2.326.

Kurniawan, Muh. Alif, Rochanah, Suyatmi, Ari Fajar Isbakhi, Kuni Adibah, Syifaun Nikmah, Fatoni Achmad, et al. Sejarah Peradaban Islam: Dari Masa Klasik hingga Modern. Qoulun Pustaka, 2012.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. X. Bandung: Alfabeta, 2014.

Sulthon Mas’ud, S.Ag, M.Pd.I. “4. Sejarah & Peradaban Islam. Malang.” SEJARAH PERADABAN ISLAM eropa, 2004.

Wafi, Ali, dan Sobri Wasil. “IMPLIKASI PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK DALAM PENANGGULANGAN DAMPAK NEGATIF MEDIA.” Al’adalah 22, no. 2 (2021). https://doi.org/10.35719/aladalah.v22i2.17.

———. “Implikasi Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Penanggulangan Dampak Negatif Media Elektronik.” Fenomena 19, no. 1 (2020). https://doi.org/10.35719/fenomena.v19i1.31.

Yusuf, A Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. 4 ed. Jakarta: Kencana, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.