Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika dan Kemandirian Siswa Kelas V Se-Gugus IV Kec. Tellu Siattinge Kabupaten Bone

Abdul Rajab, Baharullah Baharullah, Husniati Husniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Bagaimana Kemampuan Pemahaman Matematika Pada Siswa Kelas V. 2). Bagaimana Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas V. 3). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap pemahaman matematika siswa di kelas V. 4). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap kemandirian belajar siswa di kelas V. 5) Perbandingan Pendekatan Matematika Realistik terhadap kemampuan pemahaman matematika dan kemandirian belajar siswa di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Pretest Posttest Control Group Design yang memiliki kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas SD Negeri 72 Lamurukung dengan jumlah sampel sebanyak 21 orang dan Kelas V SD Negeri 71 Lamurukung dengan jumlah sampel sebesar 20 orang sehingga jumlah keseluruhan sampel penelitian sebanyak 41 orang. Tekhnik analisis data menggunakan Uji Manova dengan SPSS versi 21 untuk melihat penerapan pembelajaran Matematika Realistik (PMR)  Terhadap kemampuan pemahaman Matematika dan kemandirian Siswa Kelas V Se-Gugus IV Kec. Tellu Siattinge Kabupaten Bone. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan pada pemahaman matematika siswa untuk kelas eksperimen sebesar 83.10. sedangkan pada pemahaman matematika siswa untuk kelas kontrol sebesar 74.26. Nilai rata-rata kemandirian belajar siswa kelas eksperimen sebesar 85.00. Sedangkan Nilai rata-rata kemandirian belajar siswa kelas kontrol sebesar 77.00. Hal ini membuktikan bahwa Penerapan pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berpengaruh  Terhadap kemampuan pemahaman Matematika dan kemandirian Siswa.


Keywords


PMR, Pemahaman, Kemandirian

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zaenal. “Layanan Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 11, no. 1 (2006).

Afrilianto, M. “Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking.” Infinity Journal 1, no. 2 (2012).

Basuki, Hariyanto. Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda karya, 2017.

Dharma, I. Nyoman, I Wayan Sadra, dan Sariyasa. “Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep Dan Daya Matematika Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Siswa SMP Nasional Plus Jembatan Budaya.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia 2, no. 2 (2013).

Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Fitriani, Kartika, dan Maulana. “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik.” Mimbar Sekolah Dasar 3, no. 1 (2016).

Hidayat, Eneng Indriyani Fitri, Indhira Asih Vivi Yandhari, dan Trian Pamungkas Alamsyah. “Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4, no. 1 (2020).

Jeheman, Adrianus Akuila, Bedilius Gunur, dan Silfanus Jelatu. “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 8, no. 2 (2019).

Muhtadi, Dedi, dan Sukirwan Sukirwan. “Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2017).

Nursiddik, Imran, Muchamad Subali Noto, dan Wahyu Hartono. “Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Keyakinan Diri Siswa SMP.” Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 5, no. 2 (2017).

Rahmadeni, F. “Tingkat Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika IAIN Curup.” Jurnal Equation 4, no. 2 (2021).

Sanjaya. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2009.

Sitanggang. “Studi Literatur Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik.” Jurnal Pendas 1, no. 1 (2020).

Soviawati, Evi. “Pendekatan Matematika Realistik (pmr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar.” METODIK DIDAKTIK 107, no. 2 (2011).

Sudjana. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Sulistyorini, Sri. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Semarang: Tiara Wacana, 2007.

Suprijono, Agus. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.