Pengembangan Alat Peraga Edukatif Gerakan Sholat Dari Kain Planel Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II Di MI Tarbiyatul Islamiyah

Sari Kumala, H. Abdul Hafizh, Muhammad Iqbal Ansari, Tutus Rani Arifa, Jumiati Jumiati

Abstract


Materi pembelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah syarat dengan nilai nilai bagi pembentukan pribadi muslim,tantangan terbesar seorang guru adalah bagaimana agar peserta didik mampu memahami isi dari pembelajaran tersebut dan tercapai tujuan pembelajaran. Untuk itu diperlukan alat peraga edukatif yang dapat mendukung untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah dalam proses pembelajaran Guru belum pernah menggunakan alat peraga dalam pembelajaran terutama pada mata pelajaran Fiqih. Maka salah satu usaha untuk mengatasi keadaan demikian maka peneliti mencoba melakukan penelitian pengembangan yang  di latar belakangi oleh adanya potensi dan masalah yang ada. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Pengembangan Alat Peraga Edukatif Gerakan Sholat dari kain Planel pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D), dengan Prosesdur pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Angket, wawancara dan dokumentasi kemudian diolah menjadi dua jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif untuk kemudian digunakan sebagai penentu kelayakan alat peraga edukatif gerakan sholat dari kain planel dan mengetahui respon peserta didik di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah. Alat Peraga edukatif gerakan sholat dari kain planel telah divalidasi oleh tiga validator ahli dengan kriteria layak dan mendapatkan respon sangat positif  dari peserta didik.


Keywords


Pengembangan, Alat Peraga Edukatif, Gerakan Sholat, Kain Planel, Mata Pelajaran Fiqih

Full Text:

PDF

References


Afninti Loka Puspita, Afninti, Telaah Kurikulum Fiqh Madrasah Ibtidaiyah”, http//varossita.blogspot.com/2010/10/html, diakses pada 24 April 2022

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Cet. XIII; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010

Asnawir dan Basyirudin Usman, Media Pembelajaran, (Jakarta: Ciputat Press, 2002

Ayati, Nur, “Pemanfaatan Alat Peraga Video Compact Disc (VCD) Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas 1 Materi Gerakan Shalat Fardhu Di MI Tarbiyatul Atfhal Wedung Demak”, Jurnal Edukasi, 2012

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2007

Kementrian Agama Republik Indonesia, Al-Quran dan Terjemahnya, Jakarta: Alfatih, 2013

Muslich, Masnur, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Sugiyono, Metode penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2015

Ulum, Bakhrul, “Mata Pelajaran Fiqih”, http//blogeulum.blogspot.com/24/2/2013/html, diakses pada 24 April 2022

Zakiyah Daradjat, Zakiyah, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 1996




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.