Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Course Review Horay Pada Sekolah Dasar

Haikal Gion Zikri, Rizki Ananda, Yanti Yandri Kusuma

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar muatan IPA siswa kelas IV SDN 018 Bukit Sembilan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 018 Bukit Sembilan . Penelitian ini merupakan penelitian tindalan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 23 orang siswa, sedangkan objeknya adalah menggunakan model pembelajaran course review horay untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPA. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model course review horay. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada pertemuan kedua siklus I keterampilan berbicara siswa hanya 69,00 atau tergolong kurang baik, dengan ketuntasan klasikal 47,83% dengan kategori sangat kurang, diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke II maka lebih meningkat pada pertemuan kedua mencapai 80, 52 atau tergolong baik dengan ketuntasan klasikal 82, 60% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apabila dilakukan model pembelajaran course review horay maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 018 Bukit Sembilan.

Kata kunci : Hasil Belajar, Course Review Horay.

 


Keywords


Hasil Belajar, Course Review Horay

Full Text:

PDF

References


Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya

Ananda, R & Fadhilaturrahmi. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar

Annisa, F. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Dasar Ipa dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas V.

Dea Handini, Diah Gusrayani, dan Regina Lichteria Panjaitan, “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Materi Gaya,” Jurnal Pena Ilmiah 1, no. 1 (2016): 454, https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2974.

Hermawan, P. (2013). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Se-Gugus R.A Kartini Kemusu Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 . Laporan Penelitian Tidak Dipublikasikan. FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Mediatati, N. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKN. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 113-121

Somadayo, S. (2013). Strategi dan Teknik Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Surya, Y., F. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 135-138

Winkel, W. S. (2014). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

.

Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya

Ananda, R & Fadhilaturrahmi. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar

Annisa, F. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Dasar Ipa dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas V.

Dea Handini, Diah Gusrayani, dan Regina Lichteria Panjaitan, “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Materi Gaya,” Jurnal Pena Ilmiah 1, no. 1 (2016): 454, https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2974.

Hermawan, P. (2013). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Se-Gugus R.A Kartini Kemusu Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 . Laporan Penelitian Tidak Dipublikasikan. FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Mediatati, N. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKN. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 113-121

Somadayo, S. (2013). Strategi dan Teknik Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Surya, Y., F. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 135-138

Winkel, W. S. (2014). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

.

Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya

Ananda, R & Fadhilaturrahmi. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar

Annisa, F. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Dasar Ipa dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas V.

Dea Handini, Diah Gusrayani, dan Regina Lichteria Panjaitan, “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Materi Gaya,” Jurnal Pena Ilmiah 1, no. 1 (2016): 454, https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2974.

Hermawan, P. (2013). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Se-Gugus R.A Kartini Kemusu Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 . Laporan Penelitian Tidak Dipublikasikan. FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Mediatati, N. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKN. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 113-121

Somadayo, S. (2013). Strategi dan Teknik Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Surya, Y., F. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 135-138

Winkel, W. S. (2014). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Haikal Gion Zikri, Rizki Ananda, Yanti Yandri Kusuma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303