Meningkatan Keterampilan Kerjasama Siswa Melalui Model Pemebelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Siswa Sekolah Dasar

Nurmala Sari, Rizky Ananda, Moh Fauziddin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil keterampilan kerjasama siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas III SDN 005 Langgini. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan kerjasama siswa pada materi keberagaman dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas III yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui peningkatakan hasil keterampilan kerjasama siswa setelah tindakan, rata-rata ketuntasan hasil kerjasama Pada kegiatan pra tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 62,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 56%, meningkat pada siklus 1 pertemuan 1 menjadi 67,8 dengan ketuntasan klasikal sebesar 60%, meningkat pada siklus 1 pertemuan 2 menjadi 68,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 68%. Nilai rata-rata kelas pada siklus 2 pertemuan 1 yaitu 74,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 76%., dan meningkat pada siklus 2 pertemuan 2 yaitu sebesar 84 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80,6%. Maka dapat disimpulkan penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keterampilan kerjasama siswa kelas III SDN 005 Langgini.

Kata Kunci : Keterampilan Kerjasama Siswa, Model Teams Games Tournament (TGT)


Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 003 Bangkinang Kota. Jurnal Handayani. 7(1), 47-57

Annisa, F. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Dasar Ipa dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas V.

Baron, R.A. dan Byrne, D. (2015). Psikologi Sosial Edisi Kesepuluh Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Dea Handini, Diah Gusrayani, dan Regina Lichteria Panjaitan, “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Materi Gaya,” Jurnal Pena Ilmiah 1, no. 1 (2016): 454, https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2974.

Firdaus, F. S. Peningkatan Keterampilan Kerjasama Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 127-133.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran (Edisi Kedua). Jakarta: PT Rahagrafindo Persada.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Surya, Y., F. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, 2(1), 135-138

Susanto A. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group

Somadayo, S. (2013). Strategi dan Teknik Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.