Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Melalui Model Pembelajaran Treasure Hunt Siswa Sekolah Dasar

Wisnu Ade Setiawan, Yanti Yandri Kusuma, Melvi Lesmana Alim

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil keterampilan kerjasama siswa pada materi keberagamanku di kelas IV SDN 005 Langgini. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Treasure Hunt. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan kerjasama siswa pada materi keberagaman dengan menerapkan model pembelajaran Treasure Hunt. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui peningkatakan hasil keterampilan kerjasama siswa setelah tindakan, rata-rata ketuntasan hasil kerjasama Pada kegiatan pra tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 63 dengan ketuntasan klasikal sebesar 48%, meningkat pada siklus 1 pertemuan 1 menjadi 65,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 56%, meningkat pada siklus 1 pertemuan 2 menjadi 72,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 64%. Nilai rata-rata kelas pada siklus 2 pertemuan 1 yaitu 74 dengan ketuntasan klasikal sebesar 76%., dan meningkat pada siklus 2 pertemuan 2 yaitu sebesar 82,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 84%. Maka dapat disimpulkan penerapan model treasure Hunt dapat meningkatkan keterampilan kerjasama siswa kelas IV SDN 005 Langgini.Kata Kunci : Keterampilan Kerjasama Siswa, Model Treasure Hunt

Keywords


Keterampilan Kerjasama Siswa, Model Treasure Hunt

Full Text:

PDF

References


Annisa, F. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Dasar Ipa dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas V.

Baron, R.A. dan Byrne, D. (2015). Psikologi Sosial Edisi Kesepuluh Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Bellanca, James. (2012). Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif. Jakarta : Indeks

Dea Handini, Diah Gusrayani, dan Regina Lichteria Panjaitan, “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Gaya,” Jurnal Pena Ilmiah 1, no. 1 (2016): 454, https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2974.

Fadhilah, Iriawan, Riyadi. (2019). Penerapan Model Treasure Hunt untuk Meninkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4,(2), 121-134.

Ihsan, F. (2013). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Kim & Yao. (2013). “a trasure hunt model for inquiry based learning in the developement of a web- based learning support system”. Journal of University Computer Sciense vol.16: 1863-1881.

Lie. A. (2015). Model Cooperatif Learning. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Manarwati, A. F., & Rachmadyanti, P. (2019). Penerapan Metode Treasure Hunt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4).

Satria. H. (2021). Penerapan Model Treasure Hunt untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Sama Siswa. Pada tema 1 subtema 1 “Keberagaman Kebudayaan Bangsaku” Kelas IV.

Somadayo, S. (2013). Strategi dan Teknik Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Surya, Y., F. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, 2(1), 135-138




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.