Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Di Sekolah Dasar

Nur Andini, Yenni Fitra Surya, Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN 020 Ridan Permai. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model circuit learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan menerapkan model circuit learning pada siswa kelas V SDN 020 Ridan Permai. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Adapun hasil penelitian pada siklus I mengalami peningkatan dari nilai rata-rata sebelum tindakan 59,56. Siklus I pertemuan I 65,68 dan siklus I pertemuan II 70,91 meningkat hingga pada siklus II pertemuan I menjadi 74,09 dan siklus II pertemuan II menjadi 76,36. Begitu juga dengan ketuntasan klasikal dari sebelum tindakan 30,4%, siklus I pertemuan I 45,5% dan siklus I pertemuan II 54,5% dan meningkat pada siklus II pertemuan I menjadi 68,2%, dan siklus II pertemuan II 81,8%.

Kata kunci: keterampilan menulis karangan narasi dan circuit learning.


Keywords


keterampilan menulis karangan narasi dan circuit learning

Full Text:

PDF

References


Alim, M. L. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Melambungkan dan Menangkap dengan Berbagai Media Anak Usia Dini di TK Al-Fajar Pekanbaru. Jurnal PG-PAUD STKIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. 1(2), 89-93.

Dea Handini, Diah Gusrayani, dan Regina Lichteria Panjaitan, “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Materi Gaya,” Jurnal Pena Ilmiah 1, no. 1 (2016): 454, https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2974

Ekasari, Nirmala. (2021). Penerapan Metode Circuit Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2): 284

Fadhilaturrahmi, F. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik di Sekolah Dasar. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 109-118.

Hamid (2019) yang berjudul: Analisis Keterampilan Menulis Teks Narasi Peserta Didik Di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, Vol. 5 (2), 114-123.

Huy, N. T. (2015). Problems affecting learning writing skill of grade 11 at Thong Linh High School. Asian Journal of Educational Research, 3(2), 53-69.

Latifah. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dan Metode Quantum Learning. Refleksi Edukatika, 6(2), 158–171.

Marta, R. (2020). Upaya Peningkatakan Kemampuan Komunikasi. Jurnal Jote:Journal On Teaching Education, 1(2), 123-132

Martavia, R. F., Thahar, H. E., & Asri, Y. (2016). Hubungan Minat Baca dengan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Siswa Kelas V SD Negeri 11 Padang. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 363-369.

Mulyati, Y. (2014). Hakikat Keterampilan Berbahasa. Pdgk4101/Modul1, 1–34.

Surya, Y., F. (2017). Penerapan Model Numbered Head Together untuk Meningkatkat Hasil Belajar Ips Kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP).

Widyaningsih, N. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Vlog (Video Blogging) Dalam Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Gamping Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Skripta, 5(1).

Wulandari, R. Y. (2016). Implementasi supervisi manajerial pengawas sekolah dalam meningkatkan kompetensi pengelola perpustakaan. Manajer Pendidikan, 10(2).132-137.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Andini, Yenni Fitra Surya, Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303