Peningkatan Keterampilan Menyimak Menggunakan Model Cooperative Tipe Script Pada Siswa Sekolah Dasar

Shinta Putri Viska, Yenni Fitra Surya, Iis Aprinawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak siswa pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan melalui penerapan model cooperative script kelas III Sekolah Dasar Negeri 012 Langgini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menyimak siswa dalam proses pembelajaran teman di kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 10 orang siswa kelas III SDN 012 Langgini. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tekik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model cooperative script dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan presentase ketuntasan keterampilan menyimak siswa hanya mencapai sebesar 30% dan berada pada kategori kurang. Kemudian setelah menerapkan model cooperative script pada siklus I pertemuan I presentase ketuntasan keterampilan menyimak siswa meningkat mencapai 40% dan berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus I pertemuan II presentase ketuntasan keterampilan menyimak siswa meningkat mencapai 60% dan berada pada kategori cukup . Pada siklus II pertemuan I presentase ketuntasan keterampilan menyimak siswa meningkat mencapai 80% dan berada pada kategori baik sedangkan pada siklus II pertemuan II presentase ketuntasan keterampilan menyimak siswa meningkat mencapai 90% dan berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model cooperative script dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan kelas III SDN 012 Langgini.Kata Kunci : Model Cooperative Script, Kemampuan Menyimak 

Keywords


Model Cooperative Script, Kemampuan Menyimak

Full Text:

PDF

References


Aprinawati, I. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Metode Role Playing Pada Kelas I SDN 001 Bangkinang. Jurnal: Lembar Ilmu Kependidikan, 46(1), 16-22.

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Ariska. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Murid Kelas V SD Negeri 17 Prang Luara Kecamatan Tondomg Tallasa Kabupaten Pangkep. Univerrsitas Muhammadiyah Makasar.

Asriyani, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Cerita Rakyat Terhadap Literasi Siswa Kelas III SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–11.

Buduanti, Y. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Setiadarma )1 Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Pedagogik, 4(1), 70–76.

Fadhilaturrahmi, F. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik di Sekolah Dasar. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 109-118.

Hariyanto. (2021). pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas III SD Negeri 01 Arjosari Kecamatan Kalipare Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Seminar Nasioanal PGSD UNIKAMA, 5(5), 243–249.

Idanurani., N. (2021). Penerapan Strategi Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(2), 361–366. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1021

Pratiwi. (2016). Penggunaaan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas V SDN Bulak 1 Bendo Megetan. Metamorfosa Jurnal, 4(1), 82–92. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/146

Rezkita. (2020). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Media Boneka Tangan ( Hand Puppet) Siswa Kelas II SD Angkasa 1 Meros. Universitas Muhammadiyah Makasar.[1] Idanurani., N. (2021). Penerapan Strategi Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(2), 361–366. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1021

Rizal, M,. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Terhadap Siswa Kelas I SDN 81 Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2),253-258

Surya, Y., F. (2017). Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkat Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.