Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Amardi Hasbi, Iis Aprinawati, Mufarizuddin Mufarizuddin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berfikir kritis siswa dalam proses pembelajaran di kelas V SDN 008 Langgini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berfikir kritis siswa kelas V SDN 008 Langgini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 23 orang siswa kelas V SDN 008 Langgini. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tekik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model think talk write (TTW) dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil tes kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) mulai dari sebelum tindakan presentase ketuntasan keterampilan berfikir kritis siswa hanya mencapai sebesar 39,14% dan berada pada kategori kurang kritis. Kemudian setelah menerapkan model Think Talk Write (TTW) pada siklus I pertemuan I presentase ketuntasan keterampilan berfikir kritis siswa meningkat mencapai 47,82% dan berada pada kategori kurang kritis sedangkan pada siklus I pertemuan II presentase ketuntasan keterampilan berfikir kritis siswa meningkat mencapai 60,86% dan berada pada kategori kurang kritis. Pada siklus II pertemuan I presentase ketuntasan keterampilan berfikir kritis siswa meningkat mencapai 69,56% dan berada pada kategori kurang kritis. Sedangkan pada siklus II pertemuan II presentase ketuntasan keterampilan berfikir kritis siswa meningkat mencapai 86,95% dan berada pada kategori kritis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa pada siswa kelas V SDN 008 Langgini. Kata Kunci : Keterampilan Berfikir Kritis dan Model Think Talk Write (TTW)

Keywords


Keterampilan Berfikir Kritis dan Model Think Talk Write (TTW)

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arista, N. L. P. Y., & Putra, D. K. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Literasi terhadap Keterampilan Menulis dalam Bahasa Indonesia. International Journal of Elementary Education, 3(3), 284. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19413

Fadhilaturrahmi, F. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik di Sekolah Dasar. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 109-118.

Hardianti, H., Kodirun, K., & Lambertus, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Self Efficacy.

Rahmawati, K. D. (2017). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD Muhammadiyah 4 Malang. Universitas Muhammadiyah Malang, 8–23. (Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 63. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i1.5761

Sariningrum, M. I., Mahardika, I. K., & Supriadi, B. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) disertai LKS Berbasis Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 378–383.

Surya, Y., F. (2017). Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkat Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP).

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Jurnal Pendidikan, 4(1), 220–234




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amardi Hasbi, Iis Aprinawati, Mufarizuddin Mufarizuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303