Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Menggunakan Media Sedotan Limun Siswa Kelas IIA MIN 8 Hulu Sungai Utara

Helmah Helmah

Abstract


PTK ini menyajikan bahasan tentang meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang menggunakan media sedotan limun siswa kelas IIA MIN 8 Hulu Sungai Utara. Kegiatan siswalah yang lebih aktif. Media sedotan limun  merupakan alat bantu untuk menentukan rusuk dan jumlahnya, mengetahui sudut dan titik sudut,  sehingga siswa terbantu dan lebih mudah paham dengan materi tersebut (bangun ruang). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas guru, siswa dan meningkatkan hasil pelajaran matematika materi bangun ruang menggunakan sedotan limun. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIA pada MIN 8 Hulu Sungai Utara tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 24 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan 2X pertemuan. Tehnik pengumpulan data menggunakan  observasi, dokumentasi dan tes. Tehnik analisa data hasil belajar dilakukan secara kuantitatif, sedangkan aktifitas guru dan siswa dilakukan secara kualitatif. Dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IIA MIN 8 Hulu Sungai Utara pada materi bangun ruang menggunakan media sedotan limun mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil tes/ ulangan siklus pertama yang mencapai nilai KKM hanya 66,67% , maka disiklus kedua meningkat menjadi 100 % mencapai KKM (Kretiria Ketuntasan Minimal) keaktifan siswa meningkat dari 51, 67% siklus I berubah menjadi 85,71 % pada siklus II. Demikian juga aktifitas guru meningkat yang semua 67,19 % menjadi 93,00% pada siklus II.


Keywords


Hasil Belajar, Matematika, Media Sedotan Limun

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, dan Joko Tri Prasetyo. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 1997.

Asnawir, dan Basyirudin Usman. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Heruman. Modul Pembelajaran Matematika. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Nasotiun, Andi Hakim. Landasan Matematika. Jakarta: Bharata Karya Aksara, 1982.

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional. Lembaran RI Tahun 2003, No. 20. Jakarta.

Rusman. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Sardiman. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2002.

Sundayna, Rostina. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta, 2013.

Turmidi. Pembelajaran Matematika. Derektorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, 2012.

Winkel, W.S. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia, 1987.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.