Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dengan Media Pembelajaran Lectora Inspire

Muhammad `Izza Mahendra Anharuddin, Andi Prastowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik dalam bentuk media pembelajaran berbasis lektora inspire di sub-tema Gemar Berolahraga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Al Alawiyah Tahun Akademik 2021-2022. Kelayakan produk ini didasarkan pada tingkat validitas bahan ajar tematik berbasis inspirasi lectora, respons pengguna terhadap lectora menginspirasi bahan ajar berbasis tematik dan pemahaman siswa setelah menggunakan bahan ajar tematik berbasis tematik menginspirasi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket, angket dan angket respons siswa, lembar tes pemahaman siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah (1) skor rata-rata validasi tim ahli diperoleh dengan persentase 94,33 yang termasuk dalam kategori “sangat layak” (2) skor rata-rata siswa tanggapan dengan persentase 94 termasuk dalam kategori “sangat layak” (3) skor rata-rata post test 88 yang telah mencapai nilai KKM dalam kategori “sangat baik” sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik berupa lectora media pembelajaran berbasis inspirasi cocok untuk digunakan dalam subtema gemar berolahraga di kelas I dan dapat memberikan pemahaman kepada siswa kelas 1 terutama pada pembelajaran tematik.

Keywords


Bahan Ajar, Tematik, lectore Inspire

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan & Khairu, Iif. (2010). Kontruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsini. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dewi, Norma Sholikhah, dkk. (2017). Pengembangan Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. WARTA LPM, Vol. 20, No. 1.

Julianti, Reka. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Colour Paper. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Majid, Abdul (2011). Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mas’ud, M. (2013). Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Menggunakan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonis.

Melindawati, Silfi. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning. Jurnal ESJ . Vol. 5, No.1.

Parwati, Nyi Nyoman, dkk. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: DIVA Press.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penetian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2016). Model – Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, Wina (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N dan Riva’i, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindo

Sutirman. (2013). Media dan Model – Model Pembelajran Inovatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.