Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Penerapan Model Kooperatif Think Pair Share Di Sekolah Dasar

Rezki Ilham, Mufarizuddin Mufarizuddin, Joni Joni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Lubuk Agung dengan penerapan model kooperatif tipe think pair share. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Lubuk Agung dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang yang terbagi atas 8 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, tes dan dokumentasi. Penelitian menggunakan tekhnik analisis data kualitatif dan tekhnik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil analis data dapat diketahui hasil presentase ketuntasan siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 41,67% dengan kategori sangat kurang, mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan II sebesar 58,33% dengan kategori sangat kurang. Sedangkan pada siklus II pertemuan I siklus II pertemuan I diketahui presentase ketuntasan siswa sebesar 83% dengan kategori baik, sedangkan pada siklus I pertemuan II mencapai 91,66% dengan kategori sangat baik. Pada siklus II keterampilan membaca pemahaman siswa juga mengalami peningkatan rata-rata sebesar 37,33% dari pelaksanaan siklus I. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 019 Lubuk Agung. Kata Kunci : Model Kooperatif Think Pair Share, Keterampilan Membaca Pemahaman dan Sekolah Dasar.

Keywords


Model Kooperatif Think Pair Share, Keterampilan Membaca Pemahaman dan Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-8

A Ni’mah, & Dwijananti, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share ( TPS) Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Mts, Nahdlatul Muslimin Kudus. Unnes Physic Educational Journal. 3(2), 18-25.

Aryani, S., Samadhy, U., & Sismulyasih, N. (2013). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know-Want-Learned (KWL) Pada Siswa Kelas IVA SDN Sekaran 01 Semarang S. Joyful Learning Journal, 1(1), 62–70.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Rajafrafindo Persada.

Iriani, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 004 Pagaran Tapah Darussalam. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dsar, 6(1), 89–97.

Krismanto, W., & Khalik, A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review ( SQ3R ) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, V(3), 234-242.

Rianty, R., U. (2018). Penigkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Siswa Sekolah Dasar Pada Siswa V SDN 004 Bangkinang Kota. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai: Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Simanjuntak, N., Thahar, H., E. & Afnita. (2018). Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(3). 249-256.

Surya, Y., F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 154-163.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rezki Ilham, Mufarizuddin Mufarizuddin, Joni Joni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/