Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Metode Field Trip Siswa Sekolah Dasar

Anggun Yunita Dewi, Putri Hana Pebriana, Rizki Ananda, Yolanda Pahrul, Sumianto Sumianto

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil keterampilan menulis karangan siswa kelas IV tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 013 Pangkalan Kerinci dengan metode Field Trip. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 013 Pangkalan Kerinci. Subjek yang digunakan sebanyak 24 orang siswa yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan tes menulis karangan deskripsi, lembar observasi guru dan siswa sebagai tingkat keterlaksanaan dan pencapaian dalam menggunakan metode Field Trip. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Data awal pratindakan ketuntasan belajar 25%, pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 33%, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 54% kemudian pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 67%, dan siklus II pertemuan II meningkat lagi menjadi 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan metode Field Trip dapat meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 013 Pangkalan Kerinci. Kata kunci: Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi, Field Trip, dan Sekolah Dasar.

Keywords


Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi, Field Trip, dan Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-8Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.Kholifaturrahmah, & Ulfah, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Metode Field Trip Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sd Negeri Dadapsari. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(3), 223. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i3.672Kurniati. (2016). Penerapan Metode Field Trip dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas V SD Inpres 2 Tanamodindi Palu. E-Jurnal Bahasantodea, 4(2), 79–88,Pebriana, P., H. (2018). Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Dengan Menggunakan Metode Sugesti Imajinatif Pada Kelas V SDN 001 Salo. Eduhomanioral: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 1-7.Sholekhah, S., Sujinah, & Ngatma’in. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Metode Field Trip Siswa Kelas IV Mi Misbahul Adhim Pandean. Mi Isbahul Adhim Pandean, 9(1), 1–12. Zaenab, S. (2020). Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Metode Field Trip Pada Peserta Didik Kelas V SDN 1 Dopang. 3(1), 84–91.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.