Traditional Games; “Cak Lingking” As A Learning Media Untuk Meningkatkan Body Awareness Anak

Faizin Faizin, Faizatul Widat, Fathor Rozi, Sutiawati Ningsih

Abstract


Bentuk kegembiraan dan kebanggaan terhadap adat istiadat tertuang dalam permainan tradisional untuk menciptakan suasana dan aktivitas yang menyenangkan. Banyak anak zaman sekarang yang tidak mengenal dan terkesan asing dengan budayanya sendiri. Permainan tradisional memang memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang anak karena memberikan ruang bebas yang sangat luas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan body awareness anak dengan mengunakan permainan tradisional cak lingking. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara serta didukung dengan dokumentasi. Adapun lokasi penelitian berada di MI Miftahul Khoir Alas Tengah Besuk Probolinggo. Teknis analisis data yang digunakam yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media cak lingking digunakan untuk menjelaskan aktivitas body awareness anak seperti pemberian input stimulasi, Melatih koordinasi antara mata dan tangan dengan kontrol gerak, Melatih kemampuan visual dalam perencanaan gerak tubuh, Memberikan tontonan video tata cara bermain cak lingking yang benar dan baik. Dengan demikian, akan tertanam dalam diri anak yakni body awareness. Implikasi dari penggunaan media cak lingking memberikan kemudahan dalam belajar mengajar, serta mudah memahami materi.

Keywords


Cak Lingking, Media Pembelajaran, Body Awareness

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Khabib, anik murwani Darajatun, and Ichlasul Amalia. “Konsep Tengah Tubuh (Midline) Pada Perkembangan Motorik Bayi.” Sinar Jurnal Kebidanan 4, no. 1 (2022): 1–7.

Agustina, Ella, Imaniar Purbasari, and Ristiani. “Alat Peraga Engklek Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Menggali Pengetahuan Baru Siswa.” WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan 1, no. 2 (2020): 93–98.

Anggreani, Anggi, ihsana sabriani Borualogo, and Suliswor Kusdiyati. “Pengaruh Intervensi Lateralisasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Persepsi Visual Siswa Yang Mengalami Kesulitan Membaca.” SCHEMA Journal of Psychological Research 4, no. 1 (2018): 1–10.

Ayuningtyas, Elsa Eka, Syarip Hidayat, and Lutfi Nur. “Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Self Control Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Abmas 22, no. 1 (2022): 1–14.

Aziz, Ghafiruna Al, Chumi Zahroul Fitriyah, and Zetti Finali. “Tayangan Video Animasi ‘Si Nopal’ Untuk Mendukung Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10, no. 3 (2020): 207–16. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p207-216.

Bakhtiar, Syahrial, Zainul Johor, akhli anwar Pulungan, Oktarifaldi, Risky Syahputra, and lucy pratama Putri. “Pengaruh Koordinasi Mata-Tangan, Body Mass Index Dan Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Objek Kontrol Siswa PAUD.” Jurnal MensSana 5, no. 1 (2020): 9–14. https://doi.org/10.24036/jm.v5i1.119.

Buana, vina gayu, and siti uswatun Kasanah. “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Engklek Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Pinus: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran 4, no. 2 (2019): 131–37.

Cahyani, Alfi Dwi, Puji Lestari, and Aris Martiana. “Penguatan Pendidikan Karakter Kerja Keras Pada Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Dusun Pule, Tegalrandu, Srumbung, Magelang.” DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi 8, no. 1 (2019): 47–60. https://doi.org/10.21831/dimensia.v8i1.35568.

Damayanti, Alvina, ika ari Pratiwi, and erik aditia Ismaya. “Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Permainan Engklek Pada Siswa Sekolah Dasar.” Lectura: Jurnal Pendidikan 11, no. 2 (2020): 197–210.

Eyan, Syafruddin, and Baiq Niswatul Khair. “Pengembangan Media Permainan Engklek Pada Materi Alat Gerak Manusia Untuk Siswa Kelas V (Lima) Sekolah Dasar.” BIOCHEPHY: Journal of Science Education 01, no. 2 (2021): 36–42.

Fatma, Zulfarida, and Eka Cahya Maulidiyah. “Pengaruh Permainan Engklek Modifikasi Terhadap Pemahaman Pendidikan Seks Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal PAUD Teratai 08, no. 02 (2019): 1–5.

Fauziah, Alfin, Erna Erwati, and Choirul Annisa. “ENGKLEK GEN 4.0 (Studi Etnomatematika : Permainan Tradisional Engklek Sebagai Media Pembelajaran Matematika).” Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M) 3, no. 1 (2020): 33–48. https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i1.2499.

Firmansyah, Guntur, ervin dwi Rahayu, and Irwansyah. “Model Pembelajaran Gerak Dasar Melompat Melalui Modifikasi Permainan Tradisional Engklek Pada Anak Sekolah Dasar.” Journal of Teaching Physical Education in Elementary School 2, no. 2 (2019): 111–17. https://doi.org/10.17509/tegar.v2i2.17822.

Fitriyah, Aini, and Indah Khaerunisa. “Pengaruh Penggunaan Metode Drill Berbantuan Permainan Engklek Termodifikasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII.” Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 2, no. 2 (2018): 267–77. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.653.

Giri, Gusti Ayu Ratih Candra, and Ni Luh Sustiawati. “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Permainan Tradisional Juru Pencar.” PENSI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni 1, no. 2 (2021): 91–98.

Hamidah, Ira, and asih nur Ismiatun. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilang Melalui Kaleng Engklek.” Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) 3, no. 3 (2020): 260–65.

Hanannika, Laudhira Kinantya, and Sukartono. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 6379–86. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3269.

Hayati, Mardiyah, and Aqodiah. “Penerapan Metode Savi Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Dan Hadis Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat Pendek.” Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI 5, no. 2 (2020): 50–57. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i2.3695.

Irawan, Desi Cahyani, Ahmad Rafiq, and Fitria Budi Utami. “Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 9, no. 2 (2021): 294–301. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756.

Irzalinda, Vivi, Nia Fatmawati, Gian Fitria Anggraini, and Yulina Eva Riany. “Analisis Riwayat Pemberian ASI Dan Stimulasi Psikososial Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 8, no. 2 (2022): 159–68.

Kamlin, Malini Binti, and Tan Choon Keong. “Adaptasi Video Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran.” Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH) 5, no. 10 (2020): 105–12. https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i10.508.

Kurdi, and Rif’iy Qomarrullah. “Hubungan Kecepatan Reaksi Tangan Dan Koordinasi Mata Tangan Pada Servis Tenis Lapangan Mahasiswa Universitas Cenderawasih.” JTIKOR Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan 5, no. 1 (2020): 22–27. https://doi.org/10.17509/jtikor.v5i1.25060.

Mahmud, Bonita. “Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini.” DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan 12, no. 1 (2018): 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177.

Mario, Fransiskus, and Yanti Puspita Sari. “Peningkatan Kemampuan Koordinasi Gerak Melalui Permainan Engklek Pada Anak Usia 6-10 Tahun Di Dusun Mesuji.” Jurnal Edukasimu 2, no. 1 (2022): 1–8.

Naafi’, Muhammad, and Roy Januardi Irawan. “Studi Literatur: Efektivitas Modifikasi Dalam Permainan Tradisional Pda Eksistensi Permainan Anak Era Generasi Z.” Jurnal Kesehatan Olahraga 10, no. 01 (2022): 129–36.

Nirwana, Nujha, Elly Susanti, and Djoko Susanto. “Pengaruh Penerapan Somatis, Auditori, Visual, Dan Intelektual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.” Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya 7, no. 4 (2021). https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.451.

Nissa, Alvy Khoirun, Ferina Agustini, and Kiswoyo. “Keefektifan Permainan Tradisional Engklek Terhadap Keaktifan Belajar PPKn Siswa Kelas III SD Negeri 1 Karangmulyo Kendal.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 6, no. 1 (2019): 45–55. https://doi.org/10.36835/modeling.v6i1.350.

Nurwahidah, Sri Maryati, Wulan Nurlaela, and Cahyana. “Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (2021): 49–61. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6422.

Oktaviani, Winda. “Relevansi Pendidikan Musik Terhadap Kecerdasan Intelektual Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 3, no. 2 (2021): 55–62. https://doi.org/10.33387/cp.v3i2.3629.

PH, Livana, Dhita Armitasari, and Yulia Susanti. “Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Tahap Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah.” Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia 4, no. 1 (2018): 30–41. https://doi.org/10.17509/jpki.v4i1.12340.

Purwanti, Cica, Waluyo Hadi, and Nina Nurhasanah. “Pengembangan Media Engklek Kerjasama (Engklek) Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Muatan PPKN Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 2 (2021): 23–36.

Putra, Asyrofi Yudia, Atti Yudiemawat, and Neni Maemunah. “Pengaruh Pemberian Stimulasi Oleh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Toddler Di PAUD Asparaga Malang.” Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan 3, no. 1 (2018): 563–71.

Rozi, Fathor, and Zubaidah. “Penerapan Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini.” Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 2 (2021): 257–72.

Setiawan, Anang, Fauzan Effendi, and Mohammad Toha. “Akurasi Smash Forehand Bulutangkis Dikaitkan Dengan Kekuatan Otot Lengan Dan Koordinasi Mata-Tangan.” Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi 10, no. 1 (2020): 50–56. https://doi.org/10.35194/jm.v10i1.949.

Sine, Hendrick. “Peran Pendidik Dalam Menghadapi Keberagaman Gaya Belajar Murid.” Pengarah: Jurnal Teologi Kristen 1, no. 2 (2019): 85–98.

Syamsurrijal, Arif. “Bermain Sambil Belajar: Permainan Tradisional Sebagai Media Penanaman Nilai Pendidikan Karakter.” ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal 1, no. 2 (2020): 1–14. https://doi.org/10.37812/zahra.v1i2.116.

Syaripuddin. “Pemanfaatan Ethonomatika Permainan Engklek Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Matheduction Nusantara 2, no. 1 (2019): 84–89.

Widanti, Herista Novia, Widi Arti, and Bagas Anjasmara. “Efektivitas Pemberian Latihan Brain Gym Terhadap Peningkatan Koordinasi Mata Dan Tangan Pada Anak Pra-Sekolah.” Physiotherapy Health Science (PhysioHS) 3, no. 1 (2021): 40–45. https://doi.org/10.22219/physiohs.v3i1.17161.

Winata, devi catur. “Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Power Otot Tungkai Pada Siswa Kelas III SD Swasta Amal Bakti Tahun Ajaran 2019/2020.” Jurnal Pendidikan Olahraga 3, no. 1 (2020): 1–6.

Windi Wahyuni, Ida, Ajriah Muazimah, and Misda. “Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Tarik Upih Berbasis Kearifan Lokal.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 8, no. 1 (2020): 61–68.

Wulansari, Intan, Enceng Mulyana, and Fifiet Dwi Tresna Santana. “Pembelajaran Media Visual Permainan Kelereng Anak Usia Dini Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Kelompok B.” Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) 4, no. 1 (2021): 101–5.

Zalillah, Dhillan, and Alfurqan. “Penggunaan Game Interaktif Wordwall Dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 17 Gurun Laweh Padang.” Manazhim 4, no. 2 (2022): 491–504. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1996.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Faizin Faizin, Faizatul Widat, Fathor Rozi, Sutiawati Ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303