Implementasi Pendidikan Akhlak Melalui Pembiasaan Di MI Muhammadiyah Padi 3 Pacitan

Farid Fajar Shidiq, Maslamah Maslamah

Abstract


Pendidikan seharusnya mampu mencetak manusia yang cerdas secara intelektual (IQ), emosional (EQ), dan spiritual (SQ). akan tetapi realitanya adalah sistem pendidikan yang ada di Indonesia hanya mampu mencetak peserta didik yang cerdas secara intelektual saja, dan mengesampingkan kecerdasan emosional dan spiritual. Hal inilah yang menjadikan bangsa ini mengalami krisis akhlak, sehingga angka kriminalitas meningkat drastis. Pendidikan akhlak merupakan solusi bagi problem moralitas dan karakter bangsa saat ini. Maka dari itu, lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab besar untuk menginternalisasikan nilai-nilai akhlak serta menerapkan metode yang efektif melalui proses pembelajaran. Nilai-nilai pendidikan akhlak merupakan suatu hal yang perlu untuk ditanamkan pada diri anak, dan hal itu yang juga coba diterapkan oleh Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Padi 3 Pacitan. Adapun tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan akhlak yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Padi 3 Pacitan, baik dari segi program, metode dan prosesnya. Penelitian ini memakai penelitian kualitatif by research, yakni terdapat penelitian lapangan juga penelitian pustaka. Hal ini dilakukan guna untuk mendapatkan gambaran yang lebih detail mengenai pendidikan akhlak pada sekolah tersebut. Sampel penelitian yang digunakan adalah Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Padi 3 Pacitan. Hasil dari penelitian ini meliputi program yang digunakan dalam pendidikan akhlak pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Padi 3 Pacitan adalah program pembelajaran ditambah program halaqah tarbiyah, adapaun metode pendidikan akhlak yang diterapkan adalah metode mauidzah hasanah, keteladanan, dan kisah. serta proses dalam pendidikan akhlak dilakukan dengan memperhatikan berbagai hal, yakni pendidikan akhlak yang berkaitan dengan Allah, kepada diri sendiri dan kepada sesama. Diharapkan ketika metode, program dan proses berjalan dengan baik dan maksimal, maka akan menghasilkan anak didik yang memiliki kepribadian yang baik sesuai dengan ajaran Islam.


Keywords


Pendidikan, Akhlak, Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Abidin Ibnu rush, Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009).

Adisusilo, Sutarjo. Pembelajaran Nilai Karakter. (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014).

Anwar Masy’ari. Akhlak Al-Qur’an. (Surabaya: Bina Ilmu, 2008)

Anwar, Saifudin, Metode Penelitian , (Yogyakarta: Pustaka Pelajar , 2007).

Muhammad Hasyim Asyari, Adab Al Alim Wa Al-Mutaalim, (Jombang: Maktabah Turots Al-Islami).

Nasution. Metodologi Research Penelitian Ilmia. (Jakarta: Bumi Aksara, 2003).

Nizar, Samsul. Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam. (Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001).

Rosihon Anwar. Akhlak Tasaswuf. (Bandung: CV Pustaka Setia, 2010).

Samsul Hadi. (2019). Analisis Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Nashaih Al-'Ibad Dan Urgensinya Terhadap Remaja Di Era Milenial, Jurnal Pendidikan Agama Islam. Surabaya: UIN Sunan ampel;, vol. 5, no 1.

Sumanto. Methode Penelitian sosial dan Pendidikan. (Yogyakarta: Anda Offset, 1990).

Ulil Amri Syafri, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, (Jakarta: Rajawali pers, 2012).

Ulva Badi’ Rohmawati. (2022). Analisis Pendidikan Akhlak Bagi Anak Perspektif Syekh Musthafa Al-Ghalayaini Dalam Kitab ‘Izhah Al-Nasyi’in, Journal of Early Childhood Islamic Education. Bojonegoro: UNU sunan giri, vol 9. No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.