Pendidikan Islam Muhammadiyah

Nor Lailla, Rony Edward Utama

Abstract


Salah satu faktor penting dalam membangun suatu bangsa dan negara adalah Pendidikan. Konsep Pendidikan sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan Pendidikan saat ini. Muhammadiyah sebagai gerakan keagamaan yang didirikan di Indonesia. Adapun konsep pendidikan Muhammadiyah dalam pengajarannya berupa pendidikan holistic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam konsep Pendidikan Islam Muhammadiyah. Metode dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan bantuanaplikasi Publish or Perish (PoP) untuk mencari data dan VosViewers untuk menganalisisnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendidikan Muhammadiyah yang mampu menggabungkan antara pendidikan umum dengan Pendidikan agama.

 


Keywords


Pendidikan, Islam, Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Akhmad, Fandi. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pendidikan Muhammadiyah.” Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies) 8(2):79–85. doi: 10.26555/almisbah.v8i2.1991.

Ali, Mohamad. 2016. “Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah.” Profetika: Jurnal Studi Islam 17(01):43–56. doi: 10.23917/profetika.v17i01.2099.

Barkah, J. 2018. “KH AHMAD DAHLAN PERANNYA DALAM MEMBANGUN SISTEM PENDIDIKAN.” Alur Sejarah: Jurnal Pendidikan Sejarah.

Brooks, Melanie C., Jeffrey S. Brooks, Agus Mutohar, and Imam Taufiq. 2020. “Principals as Socio-Religious Curators: Progressive and Conservative Approaches in Islamic Schools.” Journal of Educational Administration 58(6):677–95. doi: 10.1108/JEA-01-2020-0004.

Dwi Ridho Aulianto, Pawit M Yusup, and Yanti Setianti. 2019. “Pemanfaatan Aplikasi ‘Publish Or Perish’ Sebagai Alat Sitasi Pada Jurnal Kajian Komunikasi Universitas Padjajaran.” Seminar Nasional MACOM III Universitas Padjajaran 2019 (31 July):874.

Hermawanti, Y., and N. Nisrokha. 2020. “Konsep Pendidikan Islam Menurut KH Ahmad Dahlan.” Promis.

Hidayat, S., and H. Hudaidah. 2021. “EKSISTENSI MUHAMMADIYAH DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN INDONESIA.” INCARE, International Journal of ….

Ismunandar, I. 2021. “Pengembangan Pendidikan Islam Berkemajuan Perspektif Muhammadiyah.” EDUSOSHUM: Journal of Islamic Education and ….

Joklitschke, Julia, Benjamin Rott, and Maike Schindler. 2022. “Notions of Creativity in Mathematics Education Research: A Systematic Literature Review.” International Journal of Science and Mathematics Education 20(6):1161–81. doi: 10.1007/s10763-021-10192-z.

Karimuddin, F. 2019. “Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Tentang Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” … At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan ….

Lazuardi, L. 2018. “PENDIDIKAN HUMANISME DALAM DALAM PERSFEKTIF PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH.” FORUM PAEDAGOGIK.

Lenggono, Wahyu. 2018. “Lembaga Pendidikan Muhammadiyah (Telaah Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Tentang Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia).” Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam 19(1):43–62.

Lipka, Michael. 2017. “Muslims and Islam: Key Findings in the US and around the World.”

Mainuddin, M., and L. D. Septiani. 2022. “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF KH. AHMAD DAHLAN.” … Pemikiran Keislaman Dan ….

Marliza, R., and H. Hudaidah. 2021. “Dampak Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Pada Bidang Pendidikan Islam.” PENSA.

Muhammad, M. S., and P. Chandra. n.d. “KA PENDIDIKAN MUHAMMADIYA.”

Nashir, Haedar, Drajat Tri Kartono, Rachmad Kristiono Dwi Susilo, and Bambang Setiaji. 2019. “Islam in Indonesia: From Puritanism to Enlightening Religion in the Case of Muhammadiyah.” Asia Life Sciences 28(1):51–62.

Nugroho, R. S. 2022. “PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT KH AHMAD DAHLAN.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora.

Nuryana, Zalik. 2017. “Revitalisasi Pendidikan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Pada Perguruan Muhammadiyah.” Tamaddun: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan 18(1):1–11.

Putra, D. W. 2018. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif KH Ahmad Dahlan.” Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Rahmah, R. 2021. “Pemikiran KH Ahmad Dahlan Dan KH Hasyim Asy’ari Dalam Bidang Pendidikan.” Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu ….

Rif’an, A. n.d. “PEMIKIRAN PENDIDIKAN KH AHMAD DAHLAN DAN HADRATUSSYAIKH KH HASYIM ASY’ARI.” Academia.Edu.

Roybah, R., and A. Munib. 2022. “Konsep Pendidikan Islam Perspektif KH. Ahmad Dahlan Dan Relevansinya Dengan Era Global Pendidikan Di Indonesia.” … MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan ….

Sahin, Abdullah. 2018. “Critical Issues in Islamic Education Studies: Rethinking Islamic and Western Liberal Secular Values of Education.” Religions 9(11). doi: 10.3390/rel9110335.

Syaifuddin, M. A., H. Anggraeni, and ... 2019. “Sejarah Sosial Pendidikan Islam Modern Di Muhammadiyah.” … Pendidikan ….

Triandini, Evi, Sadu Jayanatha, Arie Indrawan, Ganda Werla Putra, and Bayu Iswara. 2019. “Metode Systematic Literature Review Untuk Identifikasi Platform Dan Metode Pengembangan Sistem Informasi Di Indonesia.” Indonesian Journal of Information Systems 1(2):63–77.

Uyun, N. n.d. “PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM ‘ZAMAN NOW’ OLEH PEMIKIRAN KH AHMAD DAHLAN DALAM “MUHAMMADIYAH CULTURE LITERACY FOR THE ….” Academia.Edu.

Wardianto, B. S. 2020. “Relevansi Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Terhadap Pendidikan Agama Islam Di Era 4.0.” Jurnal Penelitian Agama.

Zarro, Mar’ati. 2020. “Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam Dan Pendidikan.” FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah 9(1):61–66. doi: 10.17509/factum.v9i1.21503.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.