Konkretisasi Komponen Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus Dalam Mengakomodir Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa

Yesika Novita Rahmi, Sukiman Sukiman

Abstract


Tujuan utama artikel ini adalah untuk menceritakan bagaimana Kurikulum Pendidikan Luar Biasa 2013 diimplementasikan dalam rangka mendukung Siswa Pendidikan Luar Biasa di SLB Insan Mulia Payakumbuh. Teknologi deskriptif sedang digunakan, dan diharapkan dapat menggambarkan situasi yang tidak stabil. Hasil analisis, terlihat bahwa siswa berkebutuhan khusus sejalan dengan kurikulum pendidikan khusus tahun 2013. Tujuan pertama adalah setelah memberikan tes berdasarkan penilaian, seorang pendidik yang bertindak sebagai individu akan menjelaskan tujuan pengajaran yang dipimpin siswa. Penyusunan tes berbasis penilaian untuk mengukur kemampuan dasar siswa berkebutuhan khusus pada kedua aspek materi tersebut. Keempat pilar strategis tersebut didemonstrasikan oleh guru dengan memberikan RPP kepada setiap karyawan dan mendiskusikannya secara tertutup. Sebagaimana disampaikan KKM, evaluasi dilakukan dengan pertimbangan yang sama terhadap pandangan masing-masing peserta terhadap kapasitas yang tersedia.

Keywords


Konkretisasi, Pendidikan Luar Biasa, Akomodasi, Sekolah Luar Biasa

Full Text:

PDF

References


Anugerah, Sulung Yanur. 2020. “Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia ( BISINDO ) Untuk Siswa Tunarungu.” 7(2): 76–85.

Antono, Mixghan Norman, dan Abdul Rosid. 2021. “Penyusunan Program Pembelajaran Individu Pada Pemebelajaran Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Keleyan Bangkalan Madura.” 8(1): 77–86.

Ardianingsih, Febrita et al. 2017. “Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa Di Sidoarjo.” 2(3): 14–20.

Aulia, Fikri. 2017. “Pengembangan Life Skills Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Kurikulum 2013 melalui Bimbingan Karir.” 2(2): 1–7.

Insania, Jurnal Studia. 2017. “Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ).” 5(2): 105–19.

Iramdan dan Lengsi Manurung. 2019. " Sejarah Kurikulum di Indonesia ",Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 5(2).

Nazri, Elfin. 2022. “EDUKATIF : Komponen-komponen Kurikulum Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1): 1289–98.

Nur, Mochamad Ichsan et al. 2022. “Implementasi Kurikulum K13.” 05(01): 105–14. Putri, Annisa “Analisis Implementasi Program Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Di

SDLB Negeri Prabumulih” 2022. 6(2): 7–16.

Sudarto, Zaini. 2019. “Program Intervensi Terpadu Anak Berkebutuhan Khusus: Proses Pengembangan Kurikulum.” 3(1): 1–10.

Utami, Wikan Budi, Yayat Hidayat Amir, Ponoharjo Ponoharjo, dan Fikri Aulia. 2019. “Pengembangan Model Manajemen Kurikulum 2013.” Quality 7(2): 114.

Utomo, Prio. 2021. “Pola Pembelajaran dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus ( Tunagrahita ) di Sekolah Luar Biasa.” 2(70):


62–73.

Widiani Hidayati, Nur Arifah, dan Tyas Prayesti. “Desain Pengembangan Kurikulum Inklusif Berbasis Islam Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Pada Masa Pandemi Covid-19.”

Zahroh, Fatimatus, Universitas Wiraraja, Undang Undang, dan Sistem Pendidikan. 2017. “Pengembangan Media Video Sains Interaktif Untuk Siswa Tunarungu.” 1(2): 54–68.

Zulaikhah, D., Sirojuddin, A., & Aprilianto, A. 2020. “Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Bagi Anak Berkebutuhan.” 1(1): 54–71.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.1525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.