Pendidikan Karakter dalam Kitab Adabul Alim Wa Mutaalim Karya K.H Hasyim Asy’ari terhadap Anak Tunarungu di Sekolah Alam Jakabaring

Irfan - Irfan, Husin - Husin, Ayun Sundari

Abstract


Tujuan pada penelitian ini agar dapat diketahui pendidikan karakter didalam kitab adabul alim wa mutaalim karya KH Hasyim Asy’ari terhadap anak tunarungu dengan memperhatikan ketercapaian tujuh nilai yang terkandung didalam pendidian karakter bagi guru untuk anak tunarungu dan pendidikan karakter bagi anak tunarungu. Perkembangan zaman menyebabkan meningkatnya degradasi moral sehingga dapat menghambat pembangunan dan menjadi persoalan dalam ketercapaian cita-cita bangsa. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diambil dengan wawancara tersruktur dan tidak terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan acuan Miles dan Huberman, ialah mereduksi, menampilkan dan membuat kesimpulan data. Data yang diperoleh diuji keabsahan nya dengan menggunakan teknik triangulasi data . Hasil penelitian ini adalah dari ketujuh aspek nilai religius, sabar, qonaah, disiplin, tawadhu, toleransi dan kerja keras ditinjau dari pendidikan karakter bagi guru untuk anak tunarungu dapat tercapai dengan baik sedangkan pada pendidikan karakter bagi anak tunarungu ada lima aspek yang tercapai yaitu nilai religius, sabar, qonaah, toleransi dan kerja keras kemudian yang belum tercapai dengan optimal adalah aspek nilai disiplin dan tawadhu.


Keywords


Pendidikan Karakter, Adabul Alim wa Mutaalim, Tunarungu.

Full Text:

PDF

References


Abdillah Dalimunthe, R. A. (t.t.). Strategi dan Implementasi Pelaksanaan Pendidian Karakter di SMP N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 1.

Amka, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Reguler. Jurnal Disabilitas, 1(1).

Asy’ari, H. (t.t.). Adabul Alim Wal Muta’allim. Tebuireng: Maktabah Turots Islami.

Dwilaksono, E. F. (2020). Pemikiran KH Hasyim Asy’ari tentang Pendidikan Akhlak dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 4(1).

Juherna, E., Purwanti, E., Melawati, M., & Utami, Y. S. (t.t.). Implementasi Pendidikan Karakter pada Disabilitas Anak Tunarungu. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4(1).

Lestyarini, B. (2012). Penumbuhan Semangat Kebangsaan untuk Memperkuat Karakter Indonsia Melalui Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Karakter, 3.

Maghfiroh Lubis, N. H. (2022). Konsep Adab Pendidik dalam Kitab Adabul ’Alim wal Muta’alim Karya dari Muhammad Hasyim Asy’ari. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (JIMPAI), 2(1).

Mahrus, M. H., Sarjuni, S., & Farhan, M. (2019). Konsep Adab Peserta Didik dalam Kitab Adabul Alim wal Muta’allim Karya Ulama Nusantara KH Hasyim Asy’ari. Proseding: Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula.

Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (t.t.). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter terhadap Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 2.

Nofiaturrahmah, F. (2018). Problematika Anak Tunarungu dan Cara Mengatasinya. QUALITY, 6(1).

Nur Hidayat, W., Suswanto, H., Wijaya Kristanto, C., Pramudya Wardhani, A., Hamdan, A., & Kartika Sari, R. (2020). The Effectiveness of Interactive Digital Evaluation Training for Improving Teacher Skills in the Covid-19 Pandemic Period. 2020 4th International Conference on Vocational Education and Training (ICOVET), 310–314. https://doi.org/10.1109/ICOVET50258.2020.9230070

Penuhi Hak Pendidikan Anak Melalui Pendidikan Inklusif. (2021). Direktorat Sekolah Dasar.

Rosalina, E. (2022a, Maret 24). Wawancara Tidak Terstruktur [Komunikasi pribadi].

Rosalina, E. (2022b, Maret 24). Wawancara Guru Terstruktur [Komunikasi pribadi].

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 1.

Woro, S., & Marzuki, M. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter, 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.