MENANGANI ANAK DOWN SYNDROME MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER QURANI DI SDLBN 2 AMUNTAI

Husin Husin, Dony Ahmad Ramadhani, Miluejueng Katmiani Putri Mada

Abstract


Meningkatnya jumlah penyandang down syndrome di Indonesia yang mencapai sekitar 300 ribu lebih merupakan persoalan yang menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya bagian medis dan psikolog saja, seorang pendidik memeiliki peranan penting pula dalam persoalan ini. Anak-anak Down Syndrome cenderung hiperaktif, sulit berkonsenterasi dan tidak dapat mengatur pola makannya sendiri. Sejalan dengan permasalahan tersebut, pendidikan karakter Qurani turut memainkan peran untuk mengarahkan mereka menjadi manusia mandiri dan bermanfaat sesuai kemampuannya agar tidak menjadi beban dan sebaliknya merupakan anugerah yang diberikan Allah SWT. Pendidikan karakter Qurani di SDLBN 2 Amuntai melalui prinsip dasar layanan pendidikam anak berkebutuhan khusus, kedua melalui pembiasaan dan pembudayaan yang baik di sekolah, ketiga melalui keteladan, keempat melalui akhlak aplikatif dan kelima melalui kisah-kisah Islami

Keywords


Pendidikan Karakter Qurani, Anak Down Syndrome

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Yatimin Studi Akhlak dalam Perspektif Alquran, Jakarta: Amzah, 2007.

Aeni, Ani Nur. “Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam,” Mimbar Sekolah Dasar 1, no. 1 (2014): h. 50-51.

Chen Y, Qian X, Zhang J, Li J, Chu A, Schweiter SO. “Preliminary Study into the Economic Burden of Down Syndrome in China” Laporan hasil penelitian Birth Defects Res (Part A), 2008.

Creswell, John W. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Johansyah, “Pendidikan Karakter dalam Islam; Kajian dari Aspek Metodologis,” Islam Futura 11, no. 1 (2011): h. 86.

Khalid, Prophetic Parenting, Yogyakarta: Laksana, 2017.

Moelong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1993.

Pediatri, Down Syndrome: Deteksi Dini, Pencegahan dan Penataalaksanaan, 2016, (Online) tersedia di https://jurnalpediatri.com/2016/06/11/down-syndrome-deteksi-dini-pencegahan-dan-penatalaksanaan/. Diakses tanggal 6 Desember 2018.

Rahma, Miftah Setyaning dan Endang Sri Indrawati, “Pengalaman Pengasuhan Anak Down Syndrome,” Empati 7, no. 3 (2017): h. 224.

Sari HY, Baser G, “Turan JM. Experiences of Mothers of Children with Down Syndrome” Laporan hasil penelitian Pediatr Nurs., 2006.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2013.

Yati, Padmi, “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Field Trip,” Lentera 18, no. 1 (2016): h. 125-126.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i1.164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!

Indeksasi:

___________________________________________________________________________________________________________________________________

Contact us: Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: redaksi.almadrasah@gmail.com