Konseling Realitas untuk Meningkatkan Penerimaan Diri pada Anak di Usia Sekolah Dasar

Hardiyanti Rahmah

Abstract


Anak yang mengalami permasalahan psikologis, seperti masih belum bisa menerima keadaan dirinya ketika mengalami suatu masalah, sehingga membuat anak mengalami rasa rendah diri yang membuat dia menarik diri dari lingkungannya. Untuk meningkatkan kembali kemampuan anak dalam menerima kondisi dirinya saat ini, maka diberikan intervensi berupa konseling realitas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan penggunaan tes psikologi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan positif dari anak berupa meningkatnya penerimaan diri anak terhadap kondisinya saat ini sehingga mampu aktif kembali dalam beradaptasi di lingkungan rumah dan sekolahnya.

Keywords


Konseling Realitas, Penerimaan Diri, Usia Anak

Full Text:

PDF

References


Anastasi, A & Urbina, S. (2007). Tes psikologi. (pentrj. Robertus H.S Imam) (7ed). Jakarta: PT Indeks.

Ceyhan, A. A. & Ceyhan, E. (2011). Investigation of University Students' Self-acceptance and Learned Resourcefulness: A Longitudinal Study. High Education. 61, 649-661.

Chaplin, J. P. (2011). Kamus lengkap psikologi. Penerjemah : Kartini Kartono. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.

Corey, G. (2013). Teori dan praktek ponseling & psikokonseling. (pentrj. E.Koswara). Bandung: Refika Aditama.

Creswell, J. W. Research design: Pendekatan Kualitatif, kuantitatif dan mixed. Jogjakarta: Pustaka Pelajar. 2010.

Hurlock, E. B. (1999). Psikologis perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentangkehidupan. Jakarta : Erlangga.

Hurlock, E. B. (1978). Personality development. Tokyo: McGraw-Hill Publishing Company.

Kim, J. U. (2008). The effect of a reality therapy group counseling program on the internet addiction level and self-esteem of internet addiction university students.International Journal of Reality Therapy, 27, 2, 4-13.

Massah, O., Farmani, F., Karimi, R., Karami,H., Hoseini, F., Farhouidian, A. (2015). Group reality therapy in addicts rehabilitation process to reduce depression, anxiety and stress.Iranian Rehabilitation Journal. 13,1, 44-50.

Masson, C.P.& Duba, J.D. (2009).Using reality therapy in schools: Its potential

impact on the effectiveness of the ASCA national mode.International Journal of Reality Therapy. 29,1, 5-12.

Moleong, J. L. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2014.

Moghadam, N. A., & Hosseinifard, S. A. (2015). Comparing the impact of cognitive therapy and group reality therapy on self-efficacy of drug abusers in TC Kerman Center circuit treatment. Jurnal UMP Social Sciences and Technology Management, 3, 13, 16-20.

Mohammadi, S., Ghamari, M., Jafari, A., & Nani, Y. M. K.(2014). The effect of group counseling based on reality therapy on self-efficacy of guidance girl students. Journal of Social Issues & Humanities, 2, 9, 294-298. ISSN 2345-2633

Nelson. R., & Jones.(2011). Teori dan praktik konseling dan konseling. (pentrj. Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto).(4ed).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Palmer, S. (2011). Konseling dan Psikokonseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wubbolding, R & Brickell, J. (2012).Resources for teaching and learning choice theory and reality therapy, Part II.International Journal of Choice Theory and Reality Therapy.31, 2, 27-31

Widdowson, M. Case study research methodology.International Journal of Transactional Analysis Research, 2, 1, 25-34, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i1.165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.