Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Representasi Matematika Peserta Didik Kelas IV SDN Bidaracina 03 Pagi
Abstract
Representasi matematika adalah kemampuan siswa untuk menafsirkan suatu masalah dan mencari berbagai cara untuk memecahkan permasalahannya. Kata, gambar, tabel, simbol matematika, angka, benda nyata, dan bentuk representasi lainnya dapat digunakan untuk menjelaskan atau merepresentasikan matematika. Indikator representasi yang digunakan adalah representasi gambar pohon faktor, representasi simbol dengan menyusun cara konsep FPB dan KPK, dan representasi verbal yaitu membuktikan bahwa hasil FPB dapat menyelesaikan masalah. Model make a match berdampak pada representasi matematis siswa kelas 4 di SDN Bidaracina 03 Pagi. Pendekatan penelitian eksperimen kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Populasi dasar penelitian ini terdiri dari 28 siswa, dan sampling jenuh digunakan untuk pengambilan sampel. Pada penelitian ini digunakan uji Kolmogorov-Smirnov sebagai uji normalitas. Hasil uji t menunjukkan bahwa koefisien korelasi hipotesis lebih besar atau sama dengan 0,05 secara spesifik. H1 diterima sedangkan H0 ditolak. Berdasarkan informasi yang diperoleh, dapat ditarik kesimpulan bahwa representasi matematika siswa kelas IV SDN Bidaracina 03 Pagi dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran make a match. Peneliti menyarankan untuk peneliti selanjutnya adalah perlu mengimplementasikan representasi matematika dalam materi lain dan dengan model pembelajaran yang berbeda.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3).
Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. https://www.researchgate.net/publication/340021548
Ikhsani, A., & Prihatnani, E. (2017). Penerapan Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Sraten. Jurnal Handayani (JH), 7(2).
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati, Ed.; Vol. 1). PT BUMI AKSARA. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1105839
Lestari, B. V., Saputra, H. H., Nur, A., & Rosyidah, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas III SDN 3 Beleka. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2).
Pratiwi, C., & Darwis, U. (2021). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar IPS Tema Kayanya Negeriku Di Kelas IV SDN No 105361 Lubuk Cemara. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(4). http://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss
Putri, D. A., & Taufina, T. (2020). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Make A Match di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 610–616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.403
Putri, E. N. D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 617–623. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405
Putri, H. E. (2017). Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA), Kemampuan-Kemampuan Matematis, Dan Rancangan Pembelajarannya (N. E. Suryani & R. Julianti, Eds.; 1st ed.). Royyan Press.
Rahmasari, D., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh Model Make A Match pada Topik Bangun Datar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7815–7821. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3604
Ramziah, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X2 SMAN 1 Gedung Meneng Menggunakan Bahan Ajar Matriks Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 138–147. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.269
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (R. KR, Ed.; Vol. 1). AR-RUZZ MEDIA.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).
Surya, E., Andriana Putri, F., & Mukhtar. (2017). Improving Mathematical Problem-Solving Ability and Self-Confidence of High School Students Through Contextual Learning Model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85–94.
Topandra, M., & Hamimah. (2020). Model Kooperatif Tipe Make A Match dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1256–1268.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1667
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.