Evaluasi Program Pembelajaran Kitab Salaf Dalam Mengembangkan Spiritual Quotient Siswa MI Al Rosyid Bojonegoro

M Rofiqul Majid, Sufatul Fitria, M Ilham Ainur Roziq, Siti Lailiyah

Abstract


Spiritual Quotient (SQ) adalah salah satu kecerdasan yang berada di bagian diri seseorang yang berhubungan dengan kebijaksanaan di luar ego atau pikir sadar. Dengan memiliki spiritual quotient manusia selain mengakui ajaran nilai-nilai yang ada, mereka juga secara kreatif menemukan nilai spiritual yang baru. Salah satu bentuk usaha melatih dan mengembangkan kecerdasan spiritual atau  SQ sejak dini adalah dengan membuat program pembelajaran yang mendukung pengembangan SQ siswa di tingkat dasar. Seperti program pembelajaran kitab salaf yang dilakukan MI Al Rosyid Bojonegoro. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengevaluasi implementasi program pembelajaran kitab salaf di MI Al Rosyid dalam mengembangkan kecerdasan spiritual. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif yang menggunakan model CIPP. Data diperoleh dari dua sumber, 1) data primer yang diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru Salaf, dan 18 Siswa Kelas V; 2) data sekunder didapatkan dari hasil dokumen-dokumen lain yang terkait untuk melengkapi data primer. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Data yang terkumpul, kemudian dideskripsikan dalam bentuk naratif. Data yang terkumpul dianalisis meluai tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Pelaksanaan pemebelajaran kitab salaf di MI Al Rasyid Bojonegoro cukup efektif dilihat dari hasil aspek komponen produk. Sedangkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran kitab salaf berada pada kategori baik, tetapi ada beberapa indikator yang masih perlu diperbaiki lagi, seperti penyampaian materi oleh guru dan pemanfaatan media serta sumber belajar perlu di-improve lagi supaya pembelajaran lebih optimal.


Keywords


Evaluasi Program, Kitab Salaf, Spiritual Quotient

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018.

Fajrussalam, Hisny. “Inovasi Pembelajaran Pesantren Ramadhan Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Masa Pandemi.” EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran 1, no. 2 (26 Mei 2020): 1–10. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1949.

Hambali, Hilmi. “Eksplorasi Pembelajaran Tadabbur Alam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis (Naturalistik Intellegence) Dan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Intellegence) Siswa SMP Unismuh Makassar.” Jurnal Pendidikan Fisika 5, no. 1 (19 Januari 2017): 99–108. https://doi.org/10.26618/jpf.v5i1.345.

Hamida, Nurul Atik, Lau Han Sein, dan Wahidah Ma’rifatunnisa’. “Implementasi Teori Meaningfull Learning David Ausubel Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Nursyamiyah Tuban.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 4 (3 Agustus 2022): 1386–1400. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1294.

Hasan, Cece Jalaludin. “Bimbingan Dzikir Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri Melalui Tazkiyatun Nafs.” Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam 7, no. 2 (17 Juni 2019): 121–40. https://doi.org/10.15575/irsyad.v7i2.855.

Hayati, Umi. “Nilai-Nilai Dakwah: Aktivitas Ibadah Dan Perilaku Sosial.” INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication) 2, no. 2 (1 Desember 2017): 175–92. https://doi.org/10.18326/inject.v2i2.175-192.

Hidayah, Afifah Nur. “Peningkatan Kecerdasan Spiritual Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 7, no. 1 (1 April 2013): 85–108.

Indonesia, Data. “Survei: 1 dari 3 Remaja Indonesia Punya Masalah Kesehatan Mental.” Dataindonesia.id. Diakses 22 Desember 2022. https://dataindonesia.id/ragam/detail/survei-1-dari-3-remaja-indonesia-punya-masalah-kesehatan-mental.

Kreber, Carolin, Paula Brook, dan Educational Policy. “Impact evaluation of educational development programmes.” International Journal for Academic Development 6, no. 2 (1 Januari 2001): 96–108. https://doi.org/10.1080/13601440110090749.

Kustiono. Media Pembelajaran: Konsep, Nilai Edukatif, Klasifikasi, Praktek Pemanfaatannya dan Pengembangan Bahan Ajar. UNNES Press, 2010.

Manizar, Elly. “Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Tadrib 3, no. 2 (2017): 251–78. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v3i2.1796.

Maslahah, A. A. “Pentingnya Kecerdasan Spiritual dalam Menangani Perilaku Menyimpang.” Jurnal Bimbingan Konseling Islam 4, no. 1 (2013). https://doi.org/10.21043/kr.v4i1.1067.

Matwaya, Arin Muflichatul, dan Ahmad Zahro. “Konsep Spiritual Quotient Menurut Danah Zohar Dan Ian Marshall Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 2 (29 September 2020): 41–48. https://doi.org/10.54069/attadrib.v3i2.112.

Nuryama, Rauf. “Jumlah Pengguna Media Sosial Di Indonesia Pada Tahun 2022 - TiNewss.” Jumlah Pengguna Media Sosial Di Indonesia Pada Tahun 2022 - TiNewss, 14 Juni 2022. https://www.tinewss.com/indonesia-news/pr-1853617810/jumlah-pengguna-media-sosial-di-indonesia-pada-tahun-2022.

“Penetrasi Internet Di Kalangan Remaja Tertinggi Di Indonesia | Databoks.” Diakses 22 Desember 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/10/penetrasi-internet-di-kalangan-remaja-tertinggi-di-indonesia.

Pratama, Bangkit Ary, dan Defie Septiana Sari. “Dampak Sosial Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Berupa Sikap Apatis di SMP Kabupaten Sukoharjo.” Gaster 18, no. 1 (12 Februari 2020): 65–75. https://doi.org/10.30787/gaster.v18i1.487.

Raibowo, S., dan Y. E. Nopiyanto. “Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP).” Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi 6, no. 2 (2020). https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891.

Raibowo, Septian, dan Yahya Eko Nopiyanto. “Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan Pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko Melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP).” Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi 6, no. 2 (30 Juni 2020): 146–65. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891.

Rosad, Wahyu Sabilar. “Pelaksanaan Shalat Dhuha Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Ajibarang Wetan.” Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman 8, no. 1 (11 Januari 2020): 119–38. https://doi.org/10.52802/amk.v8i1.195.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.