Proses Kognitif dalam Taksonomi Bloom Revisi : Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih Di MI Miftahul Anwar Desa Banua Lawas

Hikmatu Ruwaida

Abstract


Domain Kognitif taksonomi Bloom sering berfungsi sebagai kerangka kerja untuk mengkategorikan tujuan pendidikan, merancang penilaian, dan kurikulum. Taksonomi Bloom diawal kelahirannya secara berurutan meliputi: (1) pengetahuan, (2) pemahaman, (3) aplikasi, (4) analisis, (5) sintesis, dan (6) evaluasi. Setelah digunakan lebih dari lima puluh tahun sebagai dasar untuk tujuan pendidikan, kemudian megalami revisi pada kisaran tahun 2000 hingga 2001. Revisi pada taksonomi dilakukan dengan mengubah kata benda pada taksonomi menjadi kata kerja. Tujuan semacam itu menunjukkan bahwa siswa akan dapat melakukan sesuatu (kata kerja) dengan menggunakan sesuatu (kata benda). Revisi oleh Kratwohl dan Anderson menghasilkan taksonomi (1) remember, (2) understand,( 3) apply, (4) analyze, (5) evaluate, and (6) create. Berdasarkan hasil penelitian pada mata pelajaran Fikih di MI Miftahul Anwar, anak belum cenderung belum diarahkan ke indikator mencipta disebabkan mereka sudah terbiasa dengan konsep-konsep yang ada dibuku. Selain itu, untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang terkait dengan materi Fikih seperti bersuci dan shalat, mereka belum terbiasa sebab untuk kelas rendah, menurut gurunya anak masih suka bermain. Untuk kelas tinggi, materi Fikih terkait haji dan umrah, haid, jual beli, biasanya anak sudah ada yang bisa memecahkan permasalahan-permasalahan sederhana, seperti jual beli yang pembeli dan penjual tidak berhadapan, mereka sudah berani mengajukan pendapat atau hipotesis terkait hal-hal baru yang hukumnya belum dipelajari dibuku pelajaran.

Keywords


Cognitive Process, Bloom's Taxonomy, Create

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rulam. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

C. Burwash, Susan, Roberta Snover, dan Robert Krueger. Up Bloom’s pyramid with slices of Fink’s pie: Mapping an occupational therapy curriculum, The Open Journal of Occupational Therapy, Volume 4 Issue 4 Fall 2016.

Effendi, Ramlan. Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika Smp, dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol. 2, Nomor, 1.

Fauzi, Ahmad Daya Serap Siswa Terhadap Pembelajaran Taksonomi Pendidikan Agama Islam, http://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article/view/86.

J. Moeleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Rukmini, Elizabeth. Deskripsi Singkat Revisi Taksonomi Bloom. https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/7132

Salma Prawiradilaga, Dewi. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana kerjasama dengan Universitas Negeri Jakarta, 2008.

Shofiya F, Khaidaroh, Sukiman. Pengembangan Tujuan Pembelajaran PAI Aspek Kognitif Dalam Teori Anderson, L. W. Dan Krathwohl, D.R.. Jurnal Al GHAZALI, Volume 1 Nomor 2, Tahun 2018

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Swee Heng, Chan. Framework of Assessment for the Evaluation of Thinking Skills of Tertiary Level Students, Advances in Language and Literary Studies, Vol. 6 No. 5; October 2015

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.

W. Anderson, Lorin, David R. Krathwohl. Kerangaka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen, terj. Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Wang, Victor. Adult Teaching Methods in China and Bloom’s Taxonomy, IjSOTL International Journal Scholarship of Teaching and Learning, Volume 2, Number 2

Yamanaka, Akio, Leon Yufeng Wu. Rethinking Trends in Instructional Objectives: Exploring the Alignment of Objectives with Activities and Assessment in Higher Education – A Case Study, International Journal of Instruction July 2014, Vol.7, No.2

Yulaewati, Ella. Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi: Teori dan Aplikasi. Jakarta:Pakar Raya, 2004.

Yulianti. Pengembangan Alat Evaluasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi. JOIES: Journal of Islamic Education Studies Volume 1, Nomor 2, Desember 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i1.168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!

Indeksasi:

___________________________________________________________________________________________________________________________________

Contact us: Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: redaksi.almadrasah@gmail.com